Warunk UpNormal Malang: Makan Indomie yang Kekinian

2 Comments

Warunk UpNormal Malang



Mie instant biasanya identik dengan makanan tanggal tua, makanan nggak bergizi sampai julukan sebagai makanan utama anak kos. Pokoknya nggak keren banget lah, saking nggak kerennya ibu-ibu akan merasa sangat bersalah jika ketauan masak mie instant buat keluarganya wekekeke, yang ini lebay yak. 

Program HUT Pertamina di Kampung Nelayan

1 Comment

Dalam memperingati HUT yang ke 59 tahun, PT Pertamina (Persero) telah menyelenggarakan sebuah program yang bertajuk Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan secara serentak di lima lokasi tanggal 10 Desember 2016 kemarin. Program tersebut diselenggarakan di Pantai Kampung Bugis di Tanjung Uban Kepulauan Riau, Pantai Balongan di Indramayu Jawa Barat, Pantai Mutiara Hijau di Karangsong, Pantai Grand Watu Dodol di  Banyuwangi  Jawa Timur dan Kampung Atas Air Balikpapan. Sementara itu untuk di Cilacap sendiri dilakukan di Pantai Teluk Penyu.

Dalam program ini, kurang lebih sekitar 1.000 orang terlibat aktif dalam setiap rangkaian kegiatannya. Turut hadir Menteri BUMN Rini Soemarno beserta Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan turut hadir juga jajaran direksi BUMN yang kebetulan juga berulang tahun pada November dan pada bulan Desember.

Terdapat beberapa Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang ikut berperan serta dalam program Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan di Pantai Teluk Penyu kemarin, diantaranya yakni Pelindo I, II, III & IV, Pertamina, BRI, Pusri, BNI, Telkom, Antara, Inti, dan DRU. Kehadiran BUMN tersebut di Teluk Penyu tersebut merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri. Sebab pemerintah berharap masyarakat merasakan keberadaan BUMN yang memang ada untuk membantu membangkitkan kesejahteraan masyarakat. Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat mendapatkan hasil yang positif dari kerjasama antara pihak pemerintah dengan masyarakat ini.


Kepedulian BUMN yang melakukan aksi nyata berupa program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan ini mendapatkan apresiasi dari Menteri BUMN Rini Soemarno, bahkan disebut sejalan dengan Nawa Cita Presiden yang memang konsentrasinya untuk menumbuhkan perekonomian di wilayah pesisir. Maka dalam aksi ini, melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) maupun melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau PKBL, bisa menjadi wahana bagi BUMN untuk membuktikan komitmen dan tanggung jawabnya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di kampung nelayan yang berada sekitar pesisir.

Selanjutnya menurut Direktur Utama Pertamina, yakni bapak Dwi Soetjipto  menyatakan selain bersih-bersih pantai, juga akan disalurkan bantuan CSR dan PKBL untuk warga masyarakat. Bantuan-bantuan tersebut merupakan sinergi beberapa BUMN dan berupa beasiswa untuk anak SD hingga SMP sebanyak 100 anak, bantuan sarana tangkap ikan untuk 10 kelompok nelayan, perbaikan gedung HNSI-rumah jaga & paving block SD 9-20 rumah di Kampung Laut, pembangunan jalan setapak Donan & Kali Anget, serta perbaikan mushola di kelurahan Donan.


Tak hanya itu, bantuan tambahan dari Pertamina berupa program bank sampah untuk area TBBM Lomanis, ada juga program mangrove Kampung Laut dan pemberdayaan masyarakat jamur tiram, selain itu diberikan juga santunan untuk 59 anak yatim dan layanan kesehatan gratis bagi 1000 warga. Program Sehati (perilaku hidup bersih dan sehat)juga pembangunan lima Taman Bacaan melengkapi bantuan yang diberikan Pertamina untuk masyarakat Teluk Penyu dalam rangka HUT Pertamina ke 59.

Beberapa Cafe Terkenal di Tengah Keindahan Kawasan Dago Pakar Bandung

13 Comments

Kawasan Dago Pakar



            Bandung merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kota ini juga menjadi tempat wisata favorit yang paling banyak dikunjungi, mulai dari anak sekolah untuk keperluan study tour, juga para mahasiswa. Sebagian besar pengunjung menjadikan kota Bandung sebagai pilihan untuk acara malam keakraban. Ada juga para orang tua yang memilih Bandung sebagai tempat untuk sekedar menenangkan pikiran dari jenuhnya pekerjaan. Sehingga, tempat wisata yang ada di Bandung ini pun ramai didatangi pengunjung.

Tips Agar Disayang PJ Event

Add Comment
Berbagi dan menginspirasi
Kamu sering mengikuti sebuah event nulis? Yang suka liat blogku pasti jawabannya 'iya'. Hehehe. Sering jengkel gak sih kalo kamu tanya trus dicuekin ma PJ?
Pasti gak cuma satu dua kali sampai kamu berjanji gak mengikuti event yang diadakan oleh PJ tersebut. Buat kalian yang ingin disayang PJ, minimal gak dicuekin, yuk disimak tipsnya:

. 1. Baca 3-5X. Bukan karena kamu gak bisa baca ketentuan event tersebut, tapi harus memahami ketentuan yang telah dibuat. Apalagi soal jenis tulisan, spasi, margin, jumlah halaman, dll. Jangan sampai kamu tanya apa yang sudah ditulis. Misalnya maximal 5 halaman, eh kamu masih tanya aja 6 halaman boleh,gak? Itu membuat PJ jengkel.

 2. Taati peraturan. Ini wajib lho. Misalnya aja kamu harus berteman dengan atau memfollow PJ. Kenapa wajib? Ini bukan karena PJ gila difollow, tapi agar kamu bisa update info dari PJ. Bayangkan kalo kamu ikut event, eh tiba-tiba tanya, PJ-nya siapa ke penerbit? Hellow, menyebalkan sekali kalau sampai diketahui PJ. Selain menunjukkan kamu gak taat, kamu juga gak baca info eventnya.

3. Mentag teman dan PJ. Jangan anggap sepele lho menandai teman di catatan. Kamu bisa berbagi informasi ke teman-temanmu tentang lomba apa yang kamu ikuti. Mereka bisa dukung kamu atau malah ikutan lomba yang sama. Menandai teman ini agar banyak orang yang tahu info event, PJ juga bisa tahu kalau kamu ikutan. Jangan sampai namamu tiba-tiba dicoret PJ gara-gara belum menandai, padahal naskahnya bagus. >Baca selanjutnya

Jangan Siakan Masa Mudamu (Ihwan Hariyanto)

Add Comment



Berbagi dan menginspirasi


Sudah pernah menerbitkan buku di Mozaik Indie? Yups, sekarang kita akan kupas habis profil pendiri penerbitan ini. Siapa lagi kalau bukan Ihwan Harianto, penulis yang namanya melambung sejak menerbitkan novel Xerografer: Curhat Colongan Tukang Fotokopi. Penulis yang baru saja menyelesaikan studi S1 nya di Universitas Islam Malang ini pada awalnya hanya sekadar menulis di buku harian saja. Itupun dilakukan secara diam-diam sebab kala itu jika seorang cowok menulis di buku harian akan dianggap aneh. (Ada-ada saja)

5 Tips Menjaga Semangat Ngeblog

7 Comments


5 Tips Menjaga Semangat Ngeblog



Dunia blog sekarang semakin menyenangkan dan menantang, kita bisa mendapatkan apa saja dari blog. Ilmu, wawasan, teman hingga materi bisa kita peroleh hanya dengan menulis. Namun adakalanya rasa bosan menghinggapi, tak jarang semangat untuk menulis pun menguap seperti tak berbekas. Lalu bagaimana solusi untuk mengatasinya? Nah kali ini Blogger Kekinian akan sharing tips menjaga semangat ngeblog berdasarkan pengalaman admin selama ini.

Pantai-Pantai Indah di Bali Selain Pantai Kuta

Add Comment

PANTAI DI BALI
Green bowl
Berbagi dan menginspirasi
Bali, selalu terkenal dengan keindahan pantai-pantainya. Apalagi Pantai Kuta yang sudah sangat termashur. Tapi, selain Pantai Kuta atau Pantai Sanur, sebenarnya masih banyak lagi pantai-pantai keren yang ada di Bali. Mau Tahu? Simak nih!  
1.      




Pantai Green Bowl
Pantai di Bali
Padang-padang
Pantai green bowl adalah salah satu pantai yang menjadi surga para surfing.  Sebelum mencapai bibir pantai, kita disuguhkan dengan ratusan anak tangga yang harus kita turuni agar bisa sampai di pantai. Pantai ini tidak begitu ramai. Padahal dari atas tebing, lautan yang biru dan bening begitu menggoda. Yah, mungkin karena anak-anak tangga yang berjumlah ratusan itu yang membuat pengunjung enggan bercapek-capek untuk menuju ke sana.



2.      Pantai padang-padang
Pantai padang-padang merupakan salah satu pantai yang memiliki pasir putih halus. Sama seperti pantai green bowl, untuk mencapai bibir pantai kita disuguhkan dengan beberapa anak tangga dan goa kecil.

Negeri yang Tak Cinta Budaya Sendiri

Add Comment

Berbagi dan menginspirasi

Namanya Sheira. Senang aja rasanya ketemu dan kenal dia. Ternyata ngga semua orang Amerika itu 'nyebelin'. Sama kayak orang Indonesia. Ngga semuanya gaptek, malu-maluin, apalagi doyan ngebom. Hemmm ....

Tahu ngga apa kata Sheira tentang Indonesia?

Bule cantik asal Massachusetts Amerika itu bilang, dia belum lama di Indonesia. Sebelum sampai di Bali, bule cantik itu singgah dulu di Kota Jogja untuk belajar Bahasa Indonesia di sebuah kursus bahasa sederhana di sana. Setelahnya, dia lanjut ke Bali untuk kerja di lab Kedokteran Hewan Universitas Udayana.

"Hei, udah lama kita ketemu tapi ngga pernah ngobrol, ya?" sapaan bule cantik itu membuat saya mengangkat kepala, yang tadinya konsen ngitungin duit hasil jualan. Sapaan itu akhirnya dilanjutkan dengan obrolan ringan.

Baca Selanjutnya


Mahalnya Harga Sebuah Gengsi

Add Comment



Berbagi dan menginspirasi

Sedih rasanya kalau remaja sekarang sukanya mengejar gengsi, bukan mengejar prestasi. Oke, mungkin banyak remaja yang masih bertahan dan bersaing dengan remaja-remaja lainnya untuk mengejar prestasi. Tapi, di balik itu ternyata masih ada saja fakta tentang remaja-remaja yang hanya bisa mengejar gengsi. Sebuah gengsi menjadi prestasi tersendiri bagi remaja seperti itu. Gengsi seperti junjungan nama baik yang patut dipertahankan sekaligus dianggap bisa meletakkannya pada jajaran remaja yang diakui dan dihargai.

Padahal, semua itu semu. Penghargaan seseorang pada kita ternyata tidak terletak pada sebuah gengsi, atau apa pun yang menghiasi diri yang berasal dari materi. Penghargaan orang lain kepada kita jelas utamanya adalah karena sikap, prestasi, dan sejauh apa kita bisa berjuang untuk meraih cita-cita.

Nyatanya, banyak sekali remaja yang terjebak. Tertipu. Mereka pikir dengan mengikuti update perkembangan terkini, maka akan dianggap sebagai anak muda yang diakui dan patut diperhatikan. Update terkini yang mereka maksud meliputi update gadget, update fashion, update kendaraan keluaran terbaru. Yang penting semuanya serba terbaru, katanya.

Baca Selanjtnya

Kekuatan Sebuah Mimpi

Add Comment

Kekuatan Sebuah Mimpi
Pernah mendengar kalimat seperti ini? Tuliskan mimpimu dan katakan pada orang-orang bahwa itulah mimpimu. Agar semua yang kamu tulis dan impikan menjadi kenyataan.

Kenapa mimpi harus kita tulis dan kita sampaikan pada orang-orang? Agar ada tanggung jawab moral yang kita emban. Setelah kita menulis mimpi-mimpi, lalu memberitahukannya pada orang-orang, kita pasti akan selalu berjanji dan berusaha sekuat mungkin untuk mewujudkannya. Kalau saja semua mimpi itu tidak terwujudkan, pasti kita sendiri yang akan malu. Makanya, biar ngga malu-maluin diri sendiri, pasti kita sekuat tenaga berusaha mewujudkannya.

Di sini saya ingin bicara dikit mengenai kekuatan mimpi. Logikanya sih, kalau saya ngga mengalami, saya ngga mungkin juga kan menuliskannya di sini. Dari sejak mengenal apa itu mimpi, saya mulai berani bermimpi, memimpikan ini dan itu. Saya ikuti terus mimpi itu, sampai akhirnya perjalanan membawa saya pada sebuah kenyataan yang sesuai dengan yang saya impikan. Aneh, ya? Tapi, memang begitulah kerja mimpi. Alam selalu mengikuti apa yang kita pikirkan. Mimpi-mimpi itu saya pikirkan setiap malam, esoknya saya berusaha untuk mewujudkan. Begitu seterusnya sampai alam benar-benar menunjukkan pada saya bahwa impian itu terwujud.

Baca Selanjutnya

Cara Mengatur Kamar Kost yang Sempit agar Telihat Lapang

1 Comment



Berbagi dan menginspirasi

Yang udah pada nge-kost, pasti sebagian di antaranya punya uneg-uneg buat ngatur kamar kost yang ukurannya ngga luas-luas amat. Untuk kalian yang dari jurusan arsitektur dan temen-temennya, saya angkat tangan aja. Pasti kalian lebih jago nata kamar kost-nya.

Ngga salah kan kalo saya yang ngga dari jurusan apa-apa ini pengen berbagi sedikit tips ke temen-temen tentang cara mengatur kamar kost yang sempit agar terlihat lapang. Berdasarkan pengalaman, ada banyak banget temen-temen yang sama-sama senasib se-kost, ngeluh ngga bisa nata barang-barang di kamar. Jadinya, kamar yang udah sempit, malah tambah sempit dan terkesan berantakan. Udah dicoba atur-atur barang biar keliatan lapang. Alhamdulillah-nya, tetep sempit.

Nih ada beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan.

1. Taruh barang-barang besar di atas lemari.
Pada punya lemari, kan? Nah, barang-barang yang berukuran besar dan ngga kepake, itu bisa kalian taruh di atas lemari. Kertas-kertas materi atau hasil ujian yang ngga terlalu terpakai juga sebaiknya disimpan di dalam koper. Sewaktu-waktu kalo butuh kita bisa turunin koper itu lagi, dan kertas-kertas atau dokumen-dokumen yang kita simpan di dalamnya masih tetap aman.

Baca Selanjutnya

Cara menghasilkan uang lewat blog

Cara menghasilkan uang lewat blog

2 Comments
Siapa sih yang tidak ingin memperoleh penghasilan lewat blog? Duduk di depan komputer di rumah dan uang mengalir begitu saja ke rekening kita di bank. Hmm, terkadang orang membayangkan bahwa bekerja online itu mudah. Memang tidak dipungkiri, bahwa bekerja secara online terkadang lebih efektif, karena bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Tapi soal profesionalisme pekerjaan dan bagaimana mendapatkan pekerjaan dari internet itu juga tidak bisa dibilang mudah lho.

Salah satu cara menghasilkan uang lewat blog adalah dengan menggunakan mekanisme afiliasi, afiliasi adalah model kerjasama dimana kita menjembatani pembelian produk oleh konsumen lewat link kita. Profit afiliasi didapat dari persentase bagi hasil dari keuntungan penjualan produk yang dibeli lewat link kita.

Begini 5 Cara Omali Mendapatkan Uang Dari Blog

Begini 5 Cara Omali Mendapatkan Uang Dari Blog

1 Comment
Sebenarnya sudah lama saya ingin menuliskan ini, tentang tema cara menghasilkan uang secara online. Sejak saya kenalan dengan Multiply sekitar tahun 2008, boleh dikatakan saya jadi ketagihan ngeblog. Walaupun ketagihan ngeblog, tapi apa daya tulisan-tulisan saya sebelum tahun 2012 lebih banyak gak jelasnya. Saking gak jelas itu tulisan, kadang kalau saya baca lagi sekarang, saya sendiri bisa gak ngerti apa maksud tulisan tersebut, hahaha. Boro-boro mendapatkan uang dari ngeblog, yang ada malah saya dituduh gila sama atasan di kantor. Akibatnya, sejak tahun 2012 itulah saya memutuskan tidak mau lagi memakai atasan, selama masih memakai bawahan, aman lah.

Jadi bagaimana kelanjutan tutorial memakai atasan dan bawahan ini? Halah, maksudnya kelanjutan pembahasan cara menghasilkan uang dari blog ini? Langsung klik aja di sini. Brangkaatt!

Kekuatan Ucapan Selamat

Add Comment



Berbagi dan menginspirasi

Pernah gak sih tiba-tiba aja kamu dapat ucapan selamat berkali-kali? Pastinya atas apa yang telah kamu raih dong .... Selain pada hari ulang tahun ataupun ketika kamu nikah. Xixixi. Ngomong-ngomong tentang ucapan selamat, ada banyak sekali kekuatan di dalamnya. Bahkan kamu pun akan mengucapkan kata ini berkali-kali bila tau kekuatan apa di dalamnya. Jangan anggap sepele ucapan ini, ya? Kamu gak akan tau berapa berartinya ucapan seperti ini buat orang lain

1. Ucapan selamat yang kamu ucapkan ketika seseorang masuk di media. Utamanya untuk orang yang sangat dekat. Itu menunjukkan bahwa kamu update tentang dia, bahkan kamu cenderung sangat memperhatikannya. Jangan lupa beri doa tulus untuk kemajuannya kelak. (Aku gak pernah dapat ucapan selamat selain ulang tahun dari 'dia'. Bahkan ketika profilku masuk di koran ataupun aku selesai melakukan satu hal yang sangat sulit. Rasanya seperti tak diperhatikan) 

Baca Selengkapnya


Target 7 Buku Dalam 1 Tahun - Tips Eric Keroncong

Add Comment


Anisa - Sudah pernah baca novel Dokter Sampah yang diterbitkan oleh penerbit Leutika Prio pada tahun 2011? Yups, kali ini kita akan mengulas profil penulis Novel ini yaitu Eric Keroncong yang berasal dari Probolinggo. Aku mengenalnya dari facebook di saat sama-sama gila lomba antologi. Penulis yang telah menerbitkan beberapa karya menarik ini akan membagikan ceritanya kepada kita tentang suka duka menjadi penulis.

Eric mulai tertarik pada dunia kepenulisan sejak duduk di bangku sekolah. Awalnya, ia gemar mengirim cerpen dan humor di majalah anak-anak. Mahasiswa SI Sastra Indonesia ini telah menerbitkan beberapa novel diantaranya: Dokter Sampah (Leutika Prio-2011 (Indie)), Aku Ingin Sekolah Lagi (Selaksa Publishing-2012, lini penerbit Eraintermedia), KarenaMu (Rumah Oranye-2014), Jadikanlah Aku Pacarmu (Rumah Oranye-2014), Antologi  Curahan Hati Untuk Tuhan (Leutika Prio), Para Guru Kehidupan Balita Sehat (Antologi bersama Bunda Pipiet Senja), Ibuku Adalah, dan lain-lain. Yang terbaru adalah Kekasih Dunia Akhiratku yang diterbitkan oleh Rumah Fiksi.

Suka duka menjadi penulis bagi Eric Keroncong adalah duka saat naskah ditolak. Namun, justru itulah yang membuatnya bangkit dan merevisi ulang. Sukanya, bisa member motivasi teman-teman untuk berkarya. Ia juga pernah mencoba mengirim novel di penerbit Gagas Media, serta kumpulan cerpen di penerbit Mizan.

Baca Selengkapnya
Manfaat Madu bagi Kesehatan

Manfaat Madu bagi Kesehatan

1 Comment
Manfaat madu untuk kesehatan sangatlah banyak, tidak hanya untuk kesehatan madu berguna juga untuk beragam penyakit serta keluhan lain yang terkait dengan badan manusia. Cairan Madu yaitu satu diantara benda cair yang begitu ajaib serta begitu hebat dan berguna untuk kesehatan badan. Tidak sama dengan Manfaat buah, dalam cairan madu ini bisa dipakai serta digunakan untuk menyembuhkan beragam penyakit serta keluahan seperti mengobati sariawan, tingkatkan kekebalan badan, menyingkirkan jerawat dsb.
Manfaat madu untuk kesehatan demikian banyak serta begitu bermacam. Satu diantara Manfaat madu yaitu dapat memberi stamina badan kita. Jadi memanglah tak mengherankan bila sangat banyak iklan makanan serta minuman sehat penambah stamina di tv senantiasa mengandung serta meletakkan madu meskipun dengan kandungan yang kecil.
Manfaat madu untuk kesehatan sekurang-kurangnya ada kian lebih 10 Manfaat yang begitu baik untuk kesehatan. Manfaat Madu yang lain yang mungkin saja telah di ketahui beberapa orang yaitu sebagai pemanis alami untuk minuman maupun bahan makanan yang lain. Tidak sama dengan Manfaat daun sirsak, tidak hanya berguna untuk kesehatan badan, nyatanya madu dapat juga berguna untuk kecantikan kulit muka serta badan.
tidak hanya gampang didapat, langkah yang dipakai juga cukup gampang serta cukup menghemat saat serta daya. Manfaat Air Putih serta madu benar-benar sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat madu untuk kesehatan

madu-asli

1. Menghilangkan Batuk

Satu studi 2007 dari Penn State College of Medicine yang melibatkan 139 anak-anak, temukan kalau madu begitu efisien dalam menyingkirkan batuk. Dekstrometorfan (DM) dalam madu bisa menentramkan batuk saat malam hari untuk anak-anak serta tingkatkan kwalitas tidur mereka.
Studi lain juga perna dipublikasikan di Pediatrics yang dikerjakan pada 270 anak-anak berumur 1-5 yang alami batuk saat malam hari lantaran pilek. Dalam riset ini, anak-anak yang meminum dua sendok teh madu 30 menit sebelumnya tidur alami penurunan intensitas batuk dibanding dengan mereka yg tidak meminum madu.

2. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Dua penyakit paling beresiko dimuka bumi ini nyatanya dapat juga dikerjakan dengan konsumsi madu. Zat yang ada pada madu mengandung flavonoid, anti-oksidan yang menolong kurangi resiko sebagian type kanker serta penyakit jantung.

3. Menambah Daya Ingat

Menurut riset yang ditulis dari Reuters, 102 wanita umur menopause diharuskan untuk konsumsi 20 gr madu satu hari. Sesudah empat bln., mereka yang konsumsi madu nyatanya bertambah daya ingat periode pendeknya.

4. Sumber Nutrisi Lengkap

Madu mengandung bermacam vitamin serta mineral yang diperlukan oleh badan termasuk juga niacin, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium serta seng. Nahhh… dengan mengkonsumsi madu ini bermakna kita memberi Manfaat cukup penting untuk memberi zat pada badan kita yang berguna periode pendek serta panjang.

5. Menyembuhkan Luka

Dalam beragam riset madu sudah dinyatakan efisien dalam menyembuhkan luka. Dalam satu riset di Norwegia, therapy madu memakai Medihoney (madu Selandia Baru yang alami sistem pemurnian spesial) serta Norwegian Forest sukses membunuh beragam bakteri yang ada dalam luka.
Dalam studi lain, 59 pasien yang menanggung derita luka serta borok kaki, yang mana 80 persen dari mereka sudah tidak berhasil untuk pulih dengan penyembuhan konvensional, lantas diobati dengan madu yang belum diolah. Semuanya dari mereka (tidak hanya satu masalah) tunjukkan penambahan yang mengagumkan sesudah diolesi madu. Luka yang steril dimuka, tetaplah steril hingga pulih, sedang luka yang terinfeksi serta borok jadi steril kurun waktu 1 minggu sesudah mengaplikasikan madu.
Manfaat lidah buaya serta Manfaat bawang putih, dan daun jambu biji dapat juga anda menjadikan herbal untuk sisa luka
Langkah Pemakaian
Untuk penyembuhan luka bakar serta luka, madu bisa dioles-oleskan dengan cara segera yang umumnya ditukar tiap-tiap 24 hingga 48 jam. Saat dipakai dengan cara segera, 15 mL hingga 30 mL madu sudah dioles tiap-tiap 12 hingga 48 jam serta ditutup dengan kasa steril atau perban.

6. Metabolisme Alkohol

NYU Langone Medical Center mengungkap kalau madu yang diminum dengan cara segera bakal tingkatkan kekuatan badan untuk lakukan metabolisme alkohol. Kekuatan ini bakal membatasi keracunan serta kurangi kandungan alkohol pada badan lebih cepat.

7. Menghilangkan Alergi

Beberapa orang sudah coba serta memercayakan kekuatan madu untuk kurangi tanda-tanda alergi musiman. Madu mempunyai dampak anti-inflamasi serta di kenal untuk menentramkan batuk. Namun butuh di ketahui Manfaat madu untuk menyembuhkan alergi belum dapat dibuktikan dalam studi klinis. Tetapi terdapat banyak kenyataan dari beberapa pakar yang menyampaikan kalau madu mengandung jejak serbuk sari bunga serta paparan alergen yang bekerja untuk memerangi reaksi alergi.

8. Membunuh Bakteri

Dalam studi klinis, madu sudah dapat dibuktikan bisa membunuh patogen penyakit lantaran makanan seperti E. coli serta salmonella, dan methicillin-resistant Staphylococcus aureus serta Pseudomonas aeruginosa yang keduanya mungkin saja ada dirumah sakit atau klinik.

9. Mengobat Darah Rendah

Mayo Clinic (website kesehatan on-line) mencatat kalau madu bisa dipakai sebagai langkah yang menjanjikan serta murah untuk menghindar rendahnya jumlah sel darah putih yang dikarenakan oleh kemoterapi. Dalam satu percobaan kecil, 40 % pasien kanker yang di ketahui ada pada resiko neutropenia (jumlah darah begitu rendah) tak mempunyai penurunan sel selanjutnya dari keadaan kemoterapi ini sesudah konsumsi dua sendok teh madu sehari-hari sepanjang kemoterapi. Riset selanjutnya dibutuhkan, namun obat herbal ini mempunyai potensi besar.

10. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Madu diakui sebagai satu diantara sumber makanan utama untuk melindungi metabolisme badan. Jelas saja, hal semacam ini karena madu adalah satu diantara makanan yang begitu kaya nutrisi sehat seperti vitamin, mineral, serta beragam gizi yang lain.

11. Meningkatkan Kesuburan Pasangan Suami IStri

Nah untuk permasalahan yang satu ini saya alami sendiri, tepatnya berlangsung pada saudara lelaki saya yang telat memperoleh anak. Telah dua th. menikah belum dikaruniai anak, tak tahu bisa info dari tempat mana ia coba madu untuk tingkatkan kesuburannya. Tetapi nyatanya benar, sekitaran 2 bln. konsumsi hal bahagia itu pada akhirnya datang juga. Tetapi pasti ini memerlukan uji klinis kedokteran. Inilah madu kesuburan kandungan.

12. Meningkatkan Stamina

Bila Manfaat madu yang satu ini telah bukanlah rahasia umum lagi, tak perlu dibuktikan, kenapa? nyaris semuanya minuman daya menempatkn madu sebagai berbahan meskipun dosisnya masihlah begitu kecil untuk tingkatkan stamina. Diluar itu mengkonsumsi madu ini dengan cara segera dapat juga tingkatkan stamina waktu lakukan jalinan suami serta istri.

13. Mencegah Diabetes

Gula serta pemanis buatan adalah satu diantara sumber diabetes, untuk menghindar diabetes satu diantara langkahnya yaitu dengan konsumsi gula yang minim. Walau madu mengandung gula, ia TIDAK sama juga dengan gula putih atau pemanis buatan.
Gabungan yang pas dari fruktosa serta glukosa sesungguhnya menolong badan mengatur kandungan gula darah. Sebagian madu mempunyai indeks hipoglikemik rendah, hingga mereka tak mengakibatkan kenaikan gula darah Anda.

Cara Mengatur Kamar Kost yang Sempit agar Telihat Lapang

Add Comment


Anisa AE - Yang udah pada nge-kost, pasti sebagian di antaranya punya uneg-uneg buat ngatur kamar kost yang ukurannya ngga luas-luas amat. Untuk kalian yang dari jurusan arsitektur dan temen-temennya, saya angkat tangan aja. Pasti kalian lebih jago nata kamar kost-nya.

Ngga salah kan kalo saya yang ngga dari jurusan apa-apa ini pengen berbagi sedikit tips ke temen-temen tentang cara mengatur kamar kost yang sempit agar terlihat lapang. Berdasarkan pengalaman, ada banyak banget temen-temen yang sama-sama senasib se-kost, ngeluh ngga bisa nata barang-barang di kamar. Jadinya, kamar yang udah sempit, malah tambah sempit dan terkesan berantakan. Udah dicoba atur-atur barang biar keliatan lapang. Alhamdulillah-nya, tetep sempit.

Nih ada beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan.

1. Taruh barang-barang besar di atas lemari.
Pada punya lemari, kan? Nah, barang-barang yang berukuran besar dan ngga kepake, itu bisa kalian taruh di atas lemari. Kertas-kertas materi atau hasil ujian yang ngga terlalu terpakai juga sebaiknya disimpan di dalam koper. Sewaktu-waktu kalo butuh kita bisa turunin koper itu lagi, dan kertas-kertas atau dokumen-dokumen yang kita simpan di dalamnya masih tetap aman.

2. Seringlah jual barang :-D
Barang yang dijual sih jangan barang-barang yang penting dan selalu dibutuhkan, ya. Saya punya contoh, misalnya saya udah beli dispenser. Dan ternyata setelah dua tahun dipake, dispenser itu rusak atau udah ngga dipakai lagi. Daripada penuh-penuhin tempat dan kita yakin ngga bakal terlalu butuh lagi, mending dijual aja. Selain dapet duit, ruang-ruang kosong juga tersisa banyak.

Baca Selengkapnya

Giveaway Lebaran Seru

1 Comment



Lebaran pasti meninggalkan banyak kisah seru dan berkesan bagi kita. Sayang banget jika kisah itu hanya disimpan saja. Sharing yuk cerita Lebaran Seru Anda di Giveaway Lebaran Seru yang diadakan oleh blog Keluarga Biru bekerjasama dengan Smartfren Community Malang.
Ada banyak hadiah mulai dari modem MIFI Smartfren, Boneka Horta, buku Bapak dan lain-lain. Simak selengkapnya di sini.

Hal-Hal yang Bikin Kita Ngga Jadi Nulis

Add Comment


Anisa AE - Ada beberapa hal yang bikin saya pengen nulisin ini, ‘hal-hal yang bikin kita batal nulis’. Pertama, karena beberapa minggu terakhir saya jadi males nulis. Mungkin juga karena lagi skripsi dan nyiapin wisuda, sih. Eits, sebenernya itu cuman alasan doang. haha. Padahal aslinya ya emang males. Kedua, bener-bener males.

Temen-temen pembaca pasti lebih tahu nih apa yang bikin kita batal nulis. Apalagi kalo salah satu, dua, atau tiga di antara banyaknya pembaca adalah penulis. Tapi ngga apalah ya saya sharing-sharing dikit mengenai ini. Biar temen-temen yang baru belajar nulis atau sedang menulis, ngga ikut ketularan males. Atau paling tidak, bisa menghindarkan diri dari berbagai hal berikut ini sebelum menulis.

1. Ngintipin sosial media
Kalo udah nyiapin diri di depan laptop, aduuh, jangan sekali-sekali deh ngintipin sosial media. Maksud hati Cuma intip bentar aja, semenit. Eh, tau-tau kebablasan deh. Waktu udah berjalan dua jam dan kita sudah sangat asyik nulis. Iya, nulis status.

2. Balas SMS/BBM
Kalo bisa sebelum nulis, silent atau kalo perlu matiin hape. Bunyi hape bisa gaggu konsentras kita kan. Apalagi kalo ada BBM masuk dan setelah di cek, eh, BBM dari si dia. Pengennya sih tinggal aja dulu. Tapi tetep aja ngga bisa nahan diri buat ngga bales BBM, toh.

3. Acara TV yang asyik Pergi jauh-jauh deh, dari TV. Mungkin ada sih beberapa temen yang udah jago banget nulis dalam keadaan apapun. Jago nulis di tengah keramaian, di tengah orang berantem, atau di tengah badai sekalipun. Mereka ngga bakal keganggu hanya karena acara TV. Tapi, untuk temen-temen yang suka banget ngolor kegiatan nulis gara-gara acara TV, mending matiin dulu deh tivinya.

4. Kepikiran sama buku yang baru dibeli dan belum dibaca
Sebaiknya, ya, kalo habis beli buku langsung baca aja. Daripada kepikiran isi buku karena penasaran, entar malah ngga konsen nulis.

Baca Selengkapnya

Punya Ide? Segera Tulis (Alfian N. Budiarto)

Add Comment


Berbagi dan menginspirasi

Profil yang akan saya angkat kali ini adalah mantan salah satu PJ FF di ECA. Sering banget koment di postingan orang dan pastinya selalu menyempatkan diri buat nulis karena saat ini kerja di pedalaman Kalimantan. Yup, siapa lagi kalau bukan Alfian N. Budiarto. 

Alfian, yang sering saya panggil Alf ini mulai aktif nulis semenjak nyemplung ke dunia kerja, awal tahun 2011. Lulus D3 di IPB jurusan Perkebunan Kelapa Sawit 2010 akhir. Makanya sekarang kerjanya di perkebunan kelapa. Hehehe. Dulu SMA-nya pindah-pindah, dari SMA Muhammadiyah 1 Palembang, trus ke SMA PGRI di Riau. 

Dia berencara membuat novel juga, masih beberapa draft yang belum kelar. Antologi bareng penulis lain ada beberapa. Yang mayor: Don Juan Katrok (DeTeens-Divapress), 2 lagi insyaalah sebentar lg terbit di Grasindo dan Mizan. Kalo antologi yg lain ada Love (Ae), Bunga Karang, The Secret of Heart, Pelangi Desember, dan banyak yang lainnyal. 

Ternyata Alf ini punya suka duka dalam nulis juga lho. Sukanya bisa nyalurin ide ke dalam tulisan, bisa ngisi waktu, jadi hobi juga. Dukanya pas kena block writter, mentok ide, nggak ada cukup waktu untuk nulis karena kerjaan yg sibuk, dan yg pasti duka banget kalo nggak lolos ikutan event nulis. Hahah, tapi si Alf ini sering kok menang dalam event antologi. Hobi menulisnya juga sangat didukung oleh keluarga lho. 

Baca Selengkapnya


Cintai dan Selamatkan Bumi

Add Comment
\


coretan kecil anisa
Ikut menyumbang cap tangan
Berbagi dan menginspirasi
Apa sih bumi itu? Bumi adalah nama salah satu planet di tata surya yang kita tinggali. Xixixi. Tanah yang kita pijak inilah yang disebut bumi. Trus, kenapa kita harus menyayangi bumi? Itu karena bumi ini juga tempat makhluk selain kita yang harus dijaga agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Misalnya aja lapisan ozon yang makin menipis karena terlalu banyak asap kendaraan dan pabrik, kita bisa mulai dengan menanam pohon di lingkungan sekitar. Minimal mengurangi sedikit polusi udara. 
unibraw
Masker dan sticker yang dibagikan
Kemarin, 20 April 2014 saat akan berangkat ke #kampusfiksi, saya melewati Jalan Ijen tempat CFD (Car Free Day), karena mamang perpuskot tempat acara tersebut di Jalan ijen. Memang tiap hari Minggu, Jalan Ijen harus bebas dari kendaraan bermotor. Siapa pun yang membawa kendaraan bermotor tak boleh lewat di sana. Sangat memanjakan para warga yang benar-benar ingin menikmati Minggu pagi dengan kumpul bareng temen, berolahraga, ataupun sekadar jalan-jalan. 


Banyak klub yang berkumpul di sana. Ada pecinta anjing, sepeda onthel, sampai pada kumpulan penulis. Pastinya banyak penjual juga di sana, plus perusahaan-perusahaan yang mengenalkan produk mereka pada para pengguna jalan. Satu hal yang menarik perhatian saya adalah ketika ada orang menempelkan telapak tangannya yang berwarna ke atas kertas. Seperti cap jari gitu, tapi pake telapak tangan dengan warna yang beraneka ragam. 

Baca Selengkapnya

Jilbab dan Kerudung, 2 Hal yang Berbeda

2 Comments



Ada yang tahu jilbab, kan? Bagaimana dengan kerudung? Pasti tahu dong tentang dua benda itu? Kok dua benda sih? Bukannya jilbab dan kerudung adalah satu barang? Well, pertama kali saya juga terkejut membaca perbedaan jilbab dan kerudung. Lha? Di mana bedanya? Bukan karena tulisan dan pengucapannya yang beda. Barangnya pun juga 100% beda.

Jangan samakan jilbab dengan kerudung. Kerudung adalah penutup rambut, biar rambut para muslimah tidak dilihat oleh non mahram. Karena yang boleh dilihat oleh lelaki hanya wajah dan telapak tangan. Hmm. Segitunya, ya? Well, saya tak membahas tentang ayat-ayat Alquran yang menyuruh untuk memakai jilbab, karena saya tahu bahwa semua wanita muslim tahu bahwa memakai jilbab adalah suatu kewajiban dan sudah tertera jelas di dalam Alquran.

Nah. Jilbab ini beda dengan kerudung yang buat menutup rambut. Jilbab adalah baju longgar seperti lorong dari atas sampai kaki. Bahkan ada riwayat yang menyatakan bahwa jilbab yang menyentuh tanah najis, maka tanah berikutnya yang menyucikan. Wow, seperti itukah jilbab? Dari uraian di atas, pasti tahu kalau jilbab adalah baju yang biasa kita sebut dengan gamis atau jubah. Jangan bayangkan gamis yang berkerut-kerut di perut atau gamis yang disekeng. Jilbab ini benar-benar seperti lorong dan tidak ada belokannya. Tahu lorong, kan?

Baca Selengkapnya

Mau Jadi Penulis? Ayo Nulis! (Mitha Juniar)

Add Comment


Ia adalah salah seorang kerabat penulis yang aku kenal di grup Antologi Es Campur. Sebuah grup kepenulisan yang terdapat di facebook. Selain sering muncul di grup Antologi Es Campur, ia juga aktif di grup Kinomedia Writer Academy dan Penulis Tangguh. Novel karyanya yang berhasil membuat saya termotivasi adalah Sebenarnya Tuhan Sangat Sayang. 

Pasti tahu, dong? Yap, Mitha Juniar, penulis yang mengaku telah mencintai dunia kepenulisan sejak duduk di bangku sekolah. Resensi novelnya bisa dilihat di blog saya ini dengan label "resensi".

Mahasiswa UNINDRA PGRI ini telah berhasil menerbitkan delapan novel mayor, diantaranya: Cinta Dalam Butiran Debu, Karena Aku Cinta, The Heart, Di Atas Waktu Aku menemukanmu, Sebenarnya Tuhan Sangat Sayang, Cinta Tak Kan Salah, Kala Cinta Menyapa, Love Ago. Lumayan banyak juga, ya?

Baca Selengkapnya 


Kekuatan Sebuah Mimpi

Add Comment
Kekuatan Sebuah Mimpi
Pernah mendengar kalimat seperti ini? Tuliskan mimpimu dan katakan pada orang-orang bahwa itulah mimpimu. Agar semua yang kamu tulis dan impikan menjadi kenyataan.

Kenapa mimpi harus kita tulis dan kita sampaikan pada orang-orang? Agar ada tanggung jawab moral yang kita emban. Setelah kita menulis mimpi-mimpi, lalu memberitahukannya pada orang-orang, kita pasti akan selalu berjanji dan berusaha sekuat mungkin untuk mewujudkannya. Kalau saja semua mimpi itu tidak terwujudkan, pasti kita sendiri yang akan malu. Makanya, biar ngga malu-maluin diri sendiri, pasti kita sekuat tenaga berusaha mewujudkannya.

Di sini saya ingin bicara dikit mengenai kekuatan mimpi. Logikanya sih, kalau saya ngga mengalami, saya ngga mungkin juga kan menuliskannya di sini. Dari sejak mengenal apa itu mimpi, saya mulai berani bermimpi, memimpikan ini dan itu. Saya ikuti terus mimpi itu, sampai akhirnya perjalanan membawa saya pada sebuah kenyataan yang sesuai dengan yang saya impikan. Aneh, ya? 

Tapi, memang begitulah kerja mimpi. Alam selalu mengikuti apa yang kita pikirkan. Mimpi-mimpi itu saya pikirkan setiap malam, esoknya saya berusaha untuk mewujudkan. Begitu seterusnya sampai alam benar-benar menunjukkan pada saya bahwa impian itu terwujud.

Baca Selengkapnya

Tak Ada Kata Menyerah (Ariny NH)

Add Comment




Hai sahabat setia anisae.com. Kali ini saya akan mengangkat profil salah satu teman yang ketika jatuh bangun, saya tahu. Bahkan sempet juga sih jadi tempat curhat penulis keren ini. Walau saat ini gak terlalu banyak komunikasi lagi sih. Ingin tau seperti apa sosok penulis yang punya banyak keterbatasan ini? Yuk simak wawancara saya (cie ...) dengan kekasihnya Pasha.

Ariny yang dikenal dengan nama Ririen Narsisabiz Pashaholic ini suka menulis sejak SD, walaupun hanya sekadar nulis puisi atau diari. Waw, sejak SD sudah suka nulis diary. Dulu dia pengangguran, cuma bantuin nyokap jaga warung, ya itung-itung berbakti ma ortu. Hehehe. Ariny ini  dulu sekolah di Madrasah Aliyah Putri Al-Amin dan lulus pada tahun 2010.

Novel yang sudah terbit di penerbit di mayor ada 2, antologi mayor 3, hasil lomba divapress, Kalo indie, Arinynya lupa ngitungin, klo gak salah 20-an deh. Judul-judul bukunya ; Kukembalikan Cintamu, Kamu Adalah Cintaku, Loveable, Dear Suamiku, dan satu lagi belum tau judulnya. Lho? Kok bisa belum tau sih? Xixixi, biasanya ada pergantian judul dari pihak penerbit atas naskah yang dikirimkan oleh penulis.


Baca Selengkapnya

Tonjok Dulu, Baru Dapat Uang

Add Comment

CORETAN KECIL ANISA

Kemarin pada tanggal 11-13 April 2013, AE diliburkan. Bukan karena hari libur, tapi pada saat itu, seluruh tim AE ke Desa Urek-urek, Gondanglegi. Nama desanya lucu, ya? Entah bagaimana awal dari nama desa itu, yang jelas desa itu adalah pusat pembuatan genteng dan batu bata. Bahkan keluargaku pun secara turun-temurun juga bekerja sebagai pembuat genteng dan batu bata. Benar-benar di pusatnya, pasti dapat harga murah kalo beli di aku. Xixixi. 

Pada tanggal 12 April, sepupuku nikah. Karena memang sodara dan di sana yang bantuin cuma dikit, maka tim AE ikut bantu-bantu di sana. Kebagian di tempat kue dan nyatet uang. Hahay, dapat uang banyak, tapi uangnya orang. Pada tanggal 11 April, begitu datang, kami langsung menuju dapur. Mengupas kentang, memarut kelapa, dan menata kue adalah pekerjaan kami, pastinya juga dibantu tetangga sekitar. Apalagi pada tanggal tersebut adalah waktunya tonjokan. 

Baca Selengkapnya
Bahaya Permainan Pokemon Go yang Wajib Diketahui Kaum Perempuan

Bahaya Permainan Pokemon Go yang Wajib Diketahui Kaum Perempuan

Add Comment
Fenomena Pokemon Go cukup menyita perhatian banyak orang. Saya yang pertama kali mengenalnya saat lebaran kemarin, menyaksikan sendiri bagaimana keponakan saya begitu bersemangat memainkan game anyar tersebut. Pagi-pagi setelah subuh langsung pergi, nyari pokemon katanya.

Mendaki gunung. Lewati lembah. Sungai mengalir indah ke samudra. Bersama teman bertualang. Kalau kamu merasa pernah tahu lirik tersebut, berarti kamu sudah tua. Jangan disangkal. Namun keponakan saya tidak sampai seperti itu, tidak lari ke hutan, apalagi ke pantai. Dia hanya berkeliling mencari masjid dan musholla. Mau sholat? Bukan, ya itu tadi, nyari pokemon yang katanya banyak nongkrong di kedua tempat itu.

Kemunculan sekumpulan pokemon di masjid dan musholla membuat banyak pihak menjadi resah dengan kehadiran monster-monster yang sepertinya pura-pura imut tersebut. Berbagai broadcast bermunculan, membahas betapa berbahayanya game Pokemon Go.

Namun sebenarnya, seberapa berbahayakah game tersebut? Benarkah dia sangat berbahaya bagi kaum perempuan? Simak ulasannya dalam link berikut.

Terus Menulis Untuk Diri Sendiri dan Keluarga (Nenny Makmun)

Add Comment

Coretan kecil anisa

Berbagi dan menginspirasi

Aku mengenalnya dari facebook. Lebih tepatnya dari sebuah grup menulis Antologi Es Campur yang kubuat (cie …). Yang membuatku tertarik adalah julukannya sebagai ratu antologi. Ya, namanya telah menghiasi ratusan buku antologi yang diikutinya melalui event-event menulis yang sering diadakan di banyak grup. Ternyata dia tak hanya berkiprah pada penulisan di buku antologi saja, tetapi juga pada beberapa novel yang berhasil ditulisnya.

Penulis yang sangat produktif ini bernama Nenny Makmun, seorang ibu dari dua anak yang kini berdomisili di Bogor. Berikut ini ada sedikit ulasan tentang jungkir balik beliau dalam menekuni dunia literasi yang dapat menjadi pelajaran bagi kita terutama yang hendak terjun di dunia kepenulisan.

Nenny Makmun merupakan seorang penulis yang cukup produktif mengingat telah hampir 400 buku antologi yang ada karyanya di dalam buku tersebut. Ia mengaku telah tertarik dengan dunia kepenulisan sejak masih duduk di bangku kelas 4 SD dan terus berlanjut hingga duduk di bangku kuliah. Wanita lulusan program pascasarjana jurusan management Universitas Negeri Surakarta ini pernah bekerja di PT. Samsung Elektronik Ind dan mengundurkan diri pada tahun 2013 awalnya ia mulai mengirimkan puisi karyanya di berbagai majalah lokal.

Bapak Tua dengan Sepeda Butut

Add Comment


CORETAN KECIL ANISA AE

Berbagi dan menginspirasi.

Di depan saya tepat, kini ada seorang bapak tua yang mendorong sepeda bututnya dengan langkah pelan. Kakinya seperti tak kuat lagi berjalan. Di atas boncengan sepedanya, ada sebuah keranjang lumayan besar yang berisi sandal-sandal yang dibungkus plastik. Beberapa bungkus sandal sudah tampak lusuh. Mungkin terlalu lama tidak terjamah tangan pembeli. Hanya terjamah oleh angin dan debu.

Dengan wajah ramah, bapak itu menebar senyum seraya menawarkan barang dagangannya kepada siapa pun yang ia temui. Orang-orang yang ditawarinya ada yang tertarik membeli satu atau dua pasang sandal, dengan tanpa mengambil uang kembalian. Saya yakin, orang-orang itu membeli sandal bapak tua itu bukan karena benar-benar butuh. Tapi lebih karena, entahlah, mungkin kasihan. Orang-orang yang lainnya tampak cuek, tak acuh, dan menganggap bapak itu tak ada di sana.

Baca Selengkapnya

Tips Mendapatkan Ide Menulis

Add Comment



Ngaku suka nulis, tapi selalu kehilangan jejak si ide?

Jangan sedih gitu, masih banyak cara kok untuk mendapatkan ide. Ide sebenarnya tidak perlu dicari. Dia akan datang sendirinya tanpa kita perlu mencari-carinya. Hanya saja, tinggal kita pintar atau ngga nangkap ide-ide yang bermunculan. Semakin banyak ide bermunculan, seharusnya semakin banyak ide yang kita tangkap.

Ide sebenarnya juga bisa ditemui pada hal-hal yang sebenarnya sepele. Mau tahu? Ini dia.

1.      Indra
Ide biasanya bisa kita dapatkan apabila kita memaksimalkan penggunaan seluruh indra yang kita punya. Coba deh pejamkan mata, lalu rasakan permukaan kulit tangan kita yang menyentuh barang-barang. Gimana rasanya menyentuh barang tanpa membuka mata? Pasti beda banget dengan meraba barang dengan membuka mata. Dari sana, kalian akan mendapatkan ide tentang tekstur kasar, halus, dan lain sebagainya. dari ide-ide kecil itu bisa menjadi ide-ide yang besar.