Program HUT Pertamina di Kampung Nelayan


Dalam memperingati HUT yang ke 59 tahun, PT Pertamina (Persero) telah menyelenggarakan sebuah program yang bertajuk Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan secara serentak di lima lokasi tanggal 10 Desember 2016 kemarin. Program tersebut diselenggarakan di Pantai Kampung Bugis di Tanjung Uban Kepulauan Riau, Pantai Balongan di Indramayu Jawa Barat, Pantai Mutiara Hijau di Karangsong, Pantai Grand Watu Dodol di  Banyuwangi  Jawa Timur dan Kampung Atas Air Balikpapan. Sementara itu untuk di Cilacap sendiri dilakukan di Pantai Teluk Penyu.

Dalam program ini, kurang lebih sekitar 1.000 orang terlibat aktif dalam setiap rangkaian kegiatannya. Turut hadir Menteri BUMN Rini Soemarno beserta Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan turut hadir juga jajaran direksi BUMN yang kebetulan juga berulang tahun pada November dan pada bulan Desember.

Terdapat beberapa Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang ikut berperan serta dalam program Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan di Pantai Teluk Penyu kemarin, diantaranya yakni Pelindo I, II, III & IV, Pertamina, BRI, Pusri, BNI, Telkom, Antara, Inti, dan DRU. Kehadiran BUMN tersebut di Teluk Penyu tersebut merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri. Sebab pemerintah berharap masyarakat merasakan keberadaan BUMN yang memang ada untuk membantu membangkitkan kesejahteraan masyarakat. Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat mendapatkan hasil yang positif dari kerjasama antara pihak pemerintah dengan masyarakat ini.


Kepedulian BUMN yang melakukan aksi nyata berupa program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan ini mendapatkan apresiasi dari Menteri BUMN Rini Soemarno, bahkan disebut sejalan dengan Nawa Cita Presiden yang memang konsentrasinya untuk menumbuhkan perekonomian di wilayah pesisir. Maka dalam aksi ini, melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) maupun melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau PKBL, bisa menjadi wahana bagi BUMN untuk membuktikan komitmen dan tanggung jawabnya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di kampung nelayan yang berada sekitar pesisir.

Selanjutnya menurut Direktur Utama Pertamina, yakni bapak Dwi Soetjipto  menyatakan selain bersih-bersih pantai, juga akan disalurkan bantuan CSR dan PKBL untuk warga masyarakat. Bantuan-bantuan tersebut merupakan sinergi beberapa BUMN dan berupa beasiswa untuk anak SD hingga SMP sebanyak 100 anak, bantuan sarana tangkap ikan untuk 10 kelompok nelayan, perbaikan gedung HNSI-rumah jaga & paving block SD 9-20 rumah di Kampung Laut, pembangunan jalan setapak Donan & Kali Anget, serta perbaikan mushola di kelurahan Donan.


Tak hanya itu, bantuan tambahan dari Pertamina berupa program bank sampah untuk area TBBM Lomanis, ada juga program mangrove Kampung Laut dan pemberdayaan masyarakat jamur tiram, selain itu diberikan juga santunan untuk 59 anak yatim dan layanan kesehatan gratis bagi 1000 warga. Program Sehati (perilaku hidup bersih dan sehat)juga pembangunan lima Taman Bacaan melengkapi bantuan yang diberikan Pertamina untuk masyarakat Teluk Penyu dalam rangka HUT Pertamina ke 59.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »