Hal-Hal yang Bikin Kita Ngga Jadi Nulis



Anisa AE - Ada beberapa hal yang bikin saya pengen nulisin ini, ‘hal-hal yang bikin kita batal nulis’. Pertama, karena beberapa minggu terakhir saya jadi males nulis. Mungkin juga karena lagi skripsi dan nyiapin wisuda, sih. Eits, sebenernya itu cuman alasan doang. haha. Padahal aslinya ya emang males. Kedua, bener-bener males.

Temen-temen pembaca pasti lebih tahu nih apa yang bikin kita batal nulis. Apalagi kalo salah satu, dua, atau tiga di antara banyaknya pembaca adalah penulis. Tapi ngga apalah ya saya sharing-sharing dikit mengenai ini. Biar temen-temen yang baru belajar nulis atau sedang menulis, ngga ikut ketularan males. Atau paling tidak, bisa menghindarkan diri dari berbagai hal berikut ini sebelum menulis.

1. Ngintipin sosial media
Kalo udah nyiapin diri di depan laptop, aduuh, jangan sekali-sekali deh ngintipin sosial media. Maksud hati Cuma intip bentar aja, semenit. Eh, tau-tau kebablasan deh. Waktu udah berjalan dua jam dan kita sudah sangat asyik nulis. Iya, nulis status.

2. Balas SMS/BBM
Kalo bisa sebelum nulis, silent atau kalo perlu matiin hape. Bunyi hape bisa gaggu konsentras kita kan. Apalagi kalo ada BBM masuk dan setelah di cek, eh, BBM dari si dia. Pengennya sih tinggal aja dulu. Tapi tetep aja ngga bisa nahan diri buat ngga bales BBM, toh.

3. Acara TV yang asyik Pergi jauh-jauh deh, dari TV. Mungkin ada sih beberapa temen yang udah jago banget nulis dalam keadaan apapun. Jago nulis di tengah keramaian, di tengah orang berantem, atau di tengah badai sekalipun. Mereka ngga bakal keganggu hanya karena acara TV. Tapi, untuk temen-temen yang suka banget ngolor kegiatan nulis gara-gara acara TV, mending matiin dulu deh tivinya.

4. Kepikiran sama buku yang baru dibeli dan belum dibaca
Sebaiknya, ya, kalo habis beli buku langsung baca aja. Daripada kepikiran isi buku karena penasaran, entar malah ngga konsen nulis.

Baca Selengkapnya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »