9 Cara Belajar Pintar

Add Comment
coretan kecil anisa ae

Anisa AE - Sudah belajar tiap hari, buka buku ini, buka buku itu, hasilnya segini-segini mulu. Ayok deh, tutup bukunya. koreksi, di mana letak kesalahannya? Mungkin kita sendiri yang salah atau cara belajar kita yang kurang tepat. Agar bisa paham pelajaran dan semakin rajin, ini ada beberapa tips belajar cerdas biar materi yang kita pelajari cepat nyantol di otak.

1. Membaca
Membaca sudah menjadi dasar penting sebuah pembelajaran. Ngga ada lho, orang pintar di dunia ini tanpa membaca. Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan membaca, Salah satunya adalah pengetahuan. Dengan membaca kita bisa memperluas cakrawala ilmu.



2. Memahami



Apa pun yang kita baca, jangan hanya sampai dibaca saja, tapi juga dipahami baik-baik. Tidak perlu dihafalkan apa yang udah kita baca. Cukup pahami saja. Memahami lebih mudah dari pada menghafalkan.

3 Hal Tentang Hati

Add Comment
CORETAN KECIL ANISA

Dari hati. Semua hal dan kebaikan yang kita lakukan pasti akan berasal dari hati. Hati baik akan mengarahkan pemiliknya untuk melakukan hal-hal baik. Sebaliknya, hati yang buruk selalu mendorong pemiliknya untuk melakukan hal-hal buruk. Mendengarkan kata hati, sebenarnya mudah sekali untuk dilakukan.

Hanya saja, kebanyakan kita jarang sekali bersedia mendengarkan kata hati sendiri. Padahal, kata hati tak pernah berbohong pada pemiliknya. Kata hati selalu menunjukkan jalan yang baik, yang meskipun pada awalnya jalan itu tak pernah kita sukai. Tapi pada akhirnya, jalan yang ditunjukkan kata hati akan memberikan banyak kebaikan yang tak pernah kita sangka.

Kalian pasti sering kan menggunakan kata hati untuk mengambil keputusan? Bagus. Hati memang harus selalu dilibatkan. Karena seorang manusia, jika otaknya sudah mati, hatinya pasti hidup. Bicara hati, berikut ini ada beberapa hal yang seharusnya melibatkan hati.

1. Bahasa.
Kita pasti sudah sering mendengar ungkapan, bahasa yang berasal dari hati, pasti akan sampai ke hati. Apa-apa yang berasal dari hati pasti selalu menyentuh hati. Manisnya kata-kata yang berasal dari hati, pasti ngga bakal bikin cepet eneg kok. Beda dengan kata-kata yang Cuma berasal dari bibir, penuh gula-gula, manisnya bikin mual.


Baca Selengkapnya ...

Pilih Kuliah atau Kerja?

4 Comments
coretan kecil anisa ae

Pilih mana, kuliah atau kerja?
Aku sih pengen kuliah dulu, Kak. Baru kerja.
Kalo aku sih pengennya kerja dulu, Kak, baru kuliah.

Semua keinginan itu bagus. Entah kuliah dulu lalu kerja, atau kerja dulu lalu kuliah. Dua pilihan itu sama-sama memberikan hal-hal yang positif. Yang pasti, selama kamu masih punya semangat dan yakin, kamu pasti bisa.



Seandainya kamu memilih kuliah terlebih dulu.
Mungkin beberapa waktu akan kamu lewati dengan runitas dari rumah ke kampus, kerja kelompok, perpustakaan, begitu seterusnya. Di lingkungan kampus, kamu akan dikenalkan dengan berbagai teori-teori. Kalau kamu memang fokus untuk kuliah dulu, bagusnya kuliahmu ngga akan keteteran dan lulus tepat waktu (dengan catatan kamu bukan termasuk mahasiswa pemalas). Setelah lulus kuliah nanti, di dunia kerja, kamu akan bertemu dengan fakta-fakta yang ternyata teorinya sudah kamu pelajari di kampus. Tapi sayangnya, tidak semua teori itu bisa kita gunakan di dunia nyata.



Seandainya kamu memilih kerja terlebih dulu.
Sedangkan untuk kamu yang memilih untuk bekerja terlebih dulu sebelum kuliah, kamu akan memiliki modal yang bernama ‘pengalaman kerja’. Tentunya setelah lulus kuliah, kamu memiliki nilai plus dibanding teman-temanmu yang belum bekerja sama sekali. Untuk melamar di perusahaan pun, pengalaman yang kamu miliki tentu menjadi pertimbangan buat perusahaan. Ngga enaknya kerja duluan, kamu harus bisa dengan kuat memegang cita-citamu untuk lanjut kuliah. Kenapa? karena  kalau kamu kerja dulu dan tahu rasanya ‘rupiah’ dijamin bisa-bisa kamu lupa dengan cita-cita kuliahmu. Apalagi sudah menerima gaji yang besar.



Dari kedua pilihan itu, ada satu pilihan lagi yang lumayan menantang. Yakni mengambil kedua pilihan tersebut secara bersamaan. Kuliah sambil kerja. Tidak banyak anak muda yang memilih pilihan ini. Karena pilihan ini ngga gampang. Kamu harus pintar-pintar bagi waktu dan jaga kesehatan. Enaknya, kalau kamu udah lulus kuliah, kamu sudah punya pengalaman kerja dan bisa-bisa langsung naik jabatan tuh. Asyik kan? Tentunya kualitas kerja kamu juga jadi pertimbangan sih bagi perusahaan.
Add Comment
ANISA AE

Berbagi dan menginspirasi

Kalian pernah ngga ngalami cinta diam-diam? Sedih ya rasanya mencintai seseorang tanpa bisa mengungkapkan? Salah sendiri sih, kenapa coba kalau cinta cuma dipendam. Jadinya nyesek deh.

Apa sih untungnya memendam perasaan. Tidak ada untungnya. Yang ada malah kita rugi sendiri. Selalu makan hati. dan ngga bisa bilang apa-apa kalau dia jalan sama orang lain. Biar ngga nyesek sendirian, sebaiknya ungkapkan saja apa yang kita rasakan. Okelah, kita takut dia nolak kita. Kalau ditolak, ya sudah, berarti dia memang bukan untuk kita.


Tapi seenggaknya, setelah mengungkapkan, kita bisa lega. Minimal tahu juga apa yang dia rasakan pada kita. Syukur-syukur kalau dia juga sama kita. Tapi bayangkan, kalau dia ternyata suka sama kita dan dam ngga berani mengungkapkan. Kita juga diam-diam aja ngga pernah terus terag untuk ngungkapin perasaan. Kebayang kan, cinta kalian ngga bakal pernah bersatu padahal alian saling mengharapkan.

Biar ngga memendam cinta sendirian diam-diam, nih saya jabarkan beberapa kerugian memendam cinta sendirian.

1. Nyesek sendirian
Mau bagi-bagi perasaan sama siapa kalau lagi jengkel? Sama sahabat? Kasihan deh sahabatmu Cuma dijadiin tong sampah buat buang curhatan-curhatan galaumu. Syukur-syukur kalau ada sahabat. Kalau ngga ada? Kasihan deh nyesek sendirian.


2. Cemburu berlebihan
Kamu pasti akan ngerasain ini kalau memendam cinta berlebihan. Cemburu banget waktu dia deket sama cewek. Tapi kamu ngga bisa berbuat apa-apa. Mau ngelarang, tapi kamu siapa?


Baca Selengkapnya

Korban Bully yang Sukses

Add Comment
bully

Jadi Korban Bully, Jangan Minder Yak!

Kamu suka jadi korban bully di sekolah atau di lingkungan tempat tinggalmu? Jangan khawatir. Itu tandanya kamu punya potensi untuk sukses, seharusnya. Karena apa, berdasarkan teori alam, seorang yang sukses adalah dia yang selalu diremehkan dan di bully. Seseorang yang diremehkan, dia akan bangkit seribu kali lipat dan berusaha sekuat mungkin menjadi beda, bahkan berusaha lebih unggul daripada orang-orang yang meremehkannya.

Ngga percaya? Nih, buktinya. Ada beberapa korban bully yang nyatanya bisa sukses. 

1.      Chris Rock
Aktor dan komedian satu ini sudah sering jadi korban bully gara-gara punya kulit item. Dia juga bahkan mengalami perlakukan ngga mengenakkan dengan dipukul dan ditinju setiap harinya di sekolah. Tapi karena perlakuan itulah, dia bisa bangkit dan menemukan sebuah cela kesuksesannya dengan membuat serial komik yang berjudul “Everybody hates Chris”.

Baca Selengkapnya ...

Sebuah Kotak Bernama Kenangan

Add Comment

Berbagi dan menginspirasi

Apa yang kamu lakukan saat ini, akan menjadi kenangan di menit-menit kemudian. Begitu mudahnya mencipta kenangan, tapi kita ngga akan tahu, seperti apa menit-menit yang berlalu sebentar lagi. Termasuk seperti apa kenangan yang terlalui itu hidup di dalam pikiran kita.

Mungkin saat ini kita masih biasa saja dan ngga ngerasain apa-apa waktu melakukan sesuatu saat ini. Tapi nanti, bisa jadi akan ada penyesalan, atau kepuasan, atau perasaan biasa-biasa saja, setelah melakukan apa yang kita lakukan saat ini.



Berbeda lagi kalau saat ini, kita melakukan sesuatu yang ngga menyenangkan. Atau mengalami sesuatu yang amat menyedihkan. Beberapa menit ke depan, kita akan tahu, bahwa apa yang kita alami ini akan menjadi kenangan. Kenangan itu akan timbul tenggelam di dalam hari-hari kita selanjutnya. Sebagian menjadi penyemangat, sebagian lagi menjadi penghambat.




Banyak teman bertanya, “Untuk apa sih, kenangan diciptakan?” Semua itu akan menambah nestapa. Galau yang sudah berkarat di dada, semakin sesak, katanya. Hey! Bangun, dong! Kalian pikir kenangan hanya sesuatu yang berhubungan dengan rasa pahit, asin, dan sesak saja? Bukankah masih banyak lagi kenangan-kenangan yang juga beraroma segar, dengan rasa manis, dan bahkan membuat kita ketagihan.

Baca Selengkapnya ...

Persiapan Traveling Bersama Balita

2 Comments

Persiapan Traveling Bersama Balita


Melakukan traveling bersama balita itu memiliki tantangan tersendiri, perjalanan menjadi semakin berwarna namun di sisi lain membutuhkan persiapan matang agar traveling tetap menyenangkan. Nah kali ini Keluarga Biru ingin berbagi cerita persiapan traveling bersama balita yang selama ini kami lakukan jika melakukan traveling bersama Aiman.

Keuntungan Nikah Muda

Add Comment

Berbagi dan menginspirasi.

Apa sih yang ada di pikiran kalian jika mendengar frasa ‘nikah muda’?
Bangga kah? Atau malah sedih dan teringat celoteh dari teman atau baca dari sebuah artikel tentang ‘ngga eneknya’ nikah muda?

Sebenarnya nikah muda itu apa sih? menurut definisi saya pribadi yang sok tahu ini, nikah muda adalah pernikahan yang dilakukan oleh muda-mudi yang umurnya masih terbilang muda. Mungkin kisaran 18 hingga 22 tahun. Kalo umur 23 tahun bukannya ngga muda lagi, sih. Umur 23 masih muda, cuma kalau ada cewek yang nikah di umur 23 itu udah biasa, bahkan memang dianggap usia yang pantas untuk menikah. Nah, kalo usia 18-22 tahun apa ngga pantas? Kok di artikel yang kita temui di buku bacaan atau internet banyak yang melarang nikah muda.


Banyak kita temui kasus-kasus yang kurang mengenakkan tentang nikah muda. Tapi, bukan berarti nikah muda seseram itu. Nikah muda sebenarnya sah-sah saja. Asal, kita tahu apa yang menjadi hak dan kewajiban kita setelah menikah nanti. Kita tahu tugas istri dan suami yang benar dan juga tahu ilmu tentang membina rumah tangga.

Baca Selengkapnya ...

Tiga Hal yang Pengen Diulang dari Masa Lalu

Add Comment

Berbagi dan menginspirasi.

Dari lahir hingga sekarang ini, ngga terhitung ya hal-hal apa yang udah terlalui. Dari banyak hal itu, ada hal-hal yang menarik yang sebetulnya ingin sekali kita ulangi. Seandainya kamu diberi kesempatan untuk memutar waktu, hal apa sih yang pengen banget kamu ulangi lagi? Kalau saya sih, ada beberapa hal yang pengen saya ulang. Kalau lanjut baca, silakan saja. mungkin ada hal-hal yang pengen saya ulangi yang juga pengen kalian ulang.

Ini dia hal-hal yang pengen banget saya ulangi kalau bisa punya kesempatan untuk memutar waktu.


1.      Ingin kembali ke sama kecil



Dulu waktu kecil, saya suka digigit temen-temen saya di bagian tangan atau pipi. Ngga tau juga sih, itu temen-temen keturunan apa kok sampai demen banget nggigit. Seandainya masa itu bisa diulang, saya pengen banget balas nggigit temen-temen yang udah nggigit saya. Haha. Kalau udah gede gini sih, mau balas nggigit ya aneh dong. Entar dikira saya kanibal, mau makan orang.

Baca Selengkapnya ....

Merantau, Siapa Takut?

2 Comments


Anisa AE - Udah mau lulus SMA lalu lanjut kuliah di luar kota? Jangan takut untuk merantau dan jadi anak kost. Banyak kabar angin yang bilang kalau jadi anak rantau dan anak kost itu ‘berbahaya’. Jauh dari pengawasan orang tua, dapat kiriman uang yang selalu telat, harus beres-beres semua keperluan hidup sendiri, ngga ada yang ngingetin makan, ngga yang ngerawat pas sakit, apalagi kalau teman satu kamarnya nyebelin. Aduuuh, pusingnya minta tonjok, deh.

Merantau itu asyik, lho. Apalagi kalau merantau sendirian tanpa keluarga. Selain tantangannya kompleks banget, serunya juga lengkap. Nah, buat temen-temen yang mau merantau jadi anak kost. Jangan khawatir. Ini ada beberapa tips yang bisa dicoba biar ngga jadi anak rantau yang ‘berbahaya’ dan salah jalan.

1.      Jaga diri
Terkadang gini, ya. Kabar-kabar yang ngga enak yang kita denger tentang anak rantau yang ngekost kan yang katanya bebas bisa pulang malam, pulang pagi, atau ngga pulang sekalian. Jadi gini, seperti pitutur orang-orang tua, kembali ke kesadaran diri sendiri. Sebejat apapun lingkungan tempat tinggal kita, kalau kita bisa menjaga diri, ya aman. Serusak apapun teman-teman di lingkungan kita, kalau kita bisa menahan diri agar tidak ikut-ikutan rusak, ya aman. Jadi semuanya tergantung diri sendiri. Hidup sendirian di luar kota jauh dari keluarga itu ngga gampang. Apalagi kalau tujuannya kuliah atau mencari nafkah. Ingat ya, ada orang-orang istimewa yag menaruh kepercayaannya di pundak kita. Jadi, jangan sampai hati untuk mengecewakannya.

Baca Selengkapnya 

Alasan Kenapa Hujan Disukai

Add Comment
ANISA AE


Anisa AE - Tentang hujan. Hujan yang turun tipis-tipis di balik jendela termasuk salah satu bagian favorit bagi orang-orang yang suka menikmati hujan. Bagi penikmat hujan, hujan yang turun merupakan sebuah kebahagiaan kecil yang Tuhan turunkan untuk manusia. Meski ada beberapa orang yang mengaku membenci hujan, tapi masih banyak pula orang di luar sana yang menyukai hujan. Bahkan merindukan hujan turun setiap waktu.
Di bawah ini ada beberapa alasan kenapa orang menyukai hujan. Simak, yuk!

1. Meneduhkan
Saya ngga mau bilang hujan yang melanda Jakarta dan kota-kota lain yang berakibat banjir, ya? Lagipula kalau banjir, yang salah kan bukan hujannya, tapi sistem peresapan air dan pengelolaan sampah yag ngga beres, toh. Oke, balik ke point. Hujan itu bisa mendatangkan keteduhan. Di tengah kegersangan hati, kadangkala kedatangan hujan memang pantas dirindukan. Bayangkan saja kalau otak kita panas, tapi cuaca ikutan panas. Duh, bisa dijamin kepala ini pasti bakal mendidih.

2. Lagu alam
Suara rintik yang tak beraturan, mencipta harmonika tersendiri. Suara tetesan air yang pertama kali jatuh di atas genting, suara kucuran air hujan di atas permukaan tanah, merupakan perpaduan musik klasik dari alam.

Baca Selengkapnya
'

5 Tempat Asyik untuk Menulis

Add Comment


Anisa AE - Ada banyak gaya dan cara penulis untuk bisa mengeluarkan idenya ke dalam sebuah tulisan. Macam-macam pula waktu dan tempat yang disukai penulis untuk menulis. Dari sekian banyak tempat yang dijadikan markas untuk menulis, ada beberapa tempat istimewa yang sebenarnya sangat asyik untuk menulis. Berikut adalah tempat-tempat istimewa yang asyik untuk menulis.

1. Cafe


Sudah pernah merasakan, kan, bagaimana rasanya menulis di sebuah cafe. Ada beberapa penulis yang membutuhkan keheningan untuk menulis dan beberapa penulis lain bisa menulis dalam situasi dan keadaan apa pun. Cafe dengan nuansa klasik dan menenangkan bisa menjadi pilihan untuk penulis yang membutuhkan ketenangan. Sedangkan cafe bernuansa ramai, juga bisa menjadi pilihan bagi penulis yang bisa menulis di situasi apa pun.

14 Pilihan Pekerjaan untuk Mahasiswa

Add Comment

Anisa AE- Sudah menjadi kewajiban seorang mahasiswa jika harus serius belajar, belajar, dan belajar. Tapi tak bisa dipungkiri, mahasiswa akan terbelah konsentrasinya jika mendapat masalah keuangan. Bersyukur saja untuk mahasiswa yang kiriman dari orang tuanya tak pernah telat, bahkan selalu lebih nominalnya. Nah, untuk mahasiswa yang kirimannya selalu telat dan minus di akhir bulan, mereka biasanya memilih untuk meluangkan waktu demi mengumpulkan remah rupiah.

Untuk mahasiswa yang ingin mencari pekerjaan part time di sela-sela waktu kuliahnya, ini ada beberapa pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa dan bisa dicoba.

1. Penjaga toko
Di toko-toko atau minimarket dekat lingkungan kampus, biasanya menerima pekerja part time. Menjadi penjaga toko juga lumayan memberikan penghasilan. Karena pada toko-toko tertentu ada yang berani membayar karyawannya sesuai UMR dengan waktu kerja rata-rata selama delapan jam.

2. Penjaga warnet
Menjadi penjaga warnet punya keuntungan sendiri buat kita. Selain kita juga dapat upah selama bekerja, kita juga bisa mendapatkan kesempatan untuk online setiap waktu. Kesempatan itu bisa kita gunakan untuk mengerjakan tugas-tugas dari kampus.

Mau Skripsi Lekas Kelar? Ini Caranya!

Add Comment


SKRIPSI. Sudah menjadi hadiah bagi semua mahasiswa yang berada di tingkat akhir. Demi sebuah gelar dan pengakuan intelektualitas, sudah sepantasnya mahasiswa harus menyusun sebuah skripsi/penelitian/karya ilmiah, sebagai syarat. Bagi mahasiswa jenius, mungkin skripsi dianggap sebagai hadiah paling istimewa yang harus ditunggu-tunggu kedatangannya. Tapi, bagi mahasiswa yang lain bisa jadi skripsi dianggap sebagai hantu menakutkan yang ngga pernah diharapkan kedatangannya. Sebagian mahasiswa berharap cepat lulus setelah skripsi. Doa-doa mahasiswa yang lain, berharap cepat lulus tanpa skripsi. Sayangnya, doa mahasiswa yang kedua tidak akan pernah terkabul semudah itu. Tetap saja, syarat utama lulus haruslah menyusun skripsi.

Nah, untuk teman-teman yang akan atau saat ini tengah menyusun skripsi, jangan khawatir. Ini ada beberapa tips yang bisa kita terapkan agar bisa mengerjakan skripsi tepat waktu alias ngga ngaret.


1.      Susun Jadwal
Tanpa jadwal, dijamin kalian akan terlena dengan kesantaian dan malas. Niat hati untuk menunda sebentar, sebentar, dan sebentar. Tapi nyatanya, bablas. Tahu-tahu teman-teman yang lain sudah mendaftar sidang sedangkan kita masih asyik melamun. Belum mengerjakan apa pun. Untuk mengikat diri kita agar bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu, dengan menjadwal kita bisa mengikat otak kita biar selalu ingat sama skripsi. Patuhi jadwal yang telah dibuat. Percuma saja kalau kita buat jadwal tapi ujung-ujungnya kita langgar. Tetap saja skripsi ngga bakal kelar.

Baca Selengkapnya ....

Masih Mikirin si Dia? Harus Baca Ini!

2 Comments


Anisa AE - Susah ya buat ngilangin bayangan dia dari pikiran dan hati kita? Kasihan sekali.

Sebenarnya ada banyak cara untuk melupakan si dia. Atau minimal, bikin bayangannya ngga balik lagi ke pikiran kita. Cara-cara itu gampang dan bahkan artikelnya saja sudah banyak beredar di internet. Dari sebarek artikel dengan jutaan teori ‘melupakan mantan atau gebetan’ di internet, ngga bakal ada gunanya kalau diri kita sendiri ngga mau berubah.

Seperti kata orang bijak, sesuram apa pun masa lalumu, masamu kini, esok, dan yang akan datang masih suci. Lantas, untuk apa kamu me-najis-kan masa depanmu dengan bayangan dia/ Bikin kotor saja. mending move on dan move up.




Dia yang pernah hadir di hidup kamu, memberi kehangatan dari hatinya, lantas meleburkan hatimu pada waktu kemudian, sudah tidak sepantasnya kamu pikirkan. Bagaimana mungkin kamu memikirkan seseorang yang melukaimu, sementara yang melukaimu tak pernah berpikir dua kali ketika akan menyakitimu. Buang-buang waktu dan energi, kan?

Mending buka hati kembali. Hati yang tersakiti bisa sembuh dengan kedatang hati baru. Buka kesempatan lagi. Sudah terlalu lama kamu menutup hati. Padahal tanpa kamu tahu, di luar sana ada jutaan hati yang menunggumu. Dari sekian juta hati itu, mungkin ada beberapa hati yang memilih mundur ketika tahu kamu seperti ini, lemah karena dia. Tapi, pasti masih banyak hati-hati lain yang senantiasa menunggumu setiap waktu. Berharap kau ‘sembuh’ dan bangkit lagi. Lalu membuka hatimu untuk dimasuki.

Sejuta teori yang kamu baca –termasuk teori ngga jelas ini– ngga bakal berguna kalau kamu tidak menyegerakan diri untuk ‘sadar’. Ayolah, Teman. Sayang sekali masa kini kita hanya untk meratapi si dia yang jelas-jelas tega menghancurkan hati dan harap kita. sayang sekali  waktu yang terbuang percuma untuk memikirkannya dan mengacaukan keseharian kita. secara ngga sadar, saat kamu galau, di luar sana, pasti ada hati yang patah ketika menemukanmu dalam kondisi kegalauan yang mengenaskan.

Ketika Mimpi Setinggi Asa

Add Comment

Anisa - Saya sering melihat seorang perempuan yang bekerja menjual mainan di depan sekolah Asma. Namanya Suryawati, perempuan berumur 18 tahun ini sering saya lihat menuliskan sesuatu di kertas-kertas kecil. Entah itu apa.

Suatu hari saya tertarik dengan apa yang dituliskannya. Dengan rasa penasaran, saya pun mengintip dari balik pagar besi, tempatnya biasa menggelar dagangan. Dengan mata merem-melek karena tidak memakai kacamata, saya membaca kertas yang tengah dia tulisi.




1 kalimat yang saya baca membuat  dahi saya mengernyit. Tak percaya dengan apa yang saya lihat. Seorang penjual mainan anak-anak yang sering keliling di sekolah-sekolah ternyata mempunyai imajinasi tinggi. Seperti melihat mutiara di dalam tumpukan pasir, dia adalah mutiara yang kelak menjadi penulis besar. Semoga.

Baca Selengkapnya ....