Tips Blogging: Cara Menaikkan Traffic Blog (Tidak) Dalam Waktu Singkat

Sebagai blogger, siapa sih yang tidak menginginkan traffic yang tinggi? Ayo jujur, setidaknya pasti memikirkannya sekali dalam perjalanan bloggingnya. Tulisan Blogger Indonesia (Tips Blogging Indonesia) kali ini ingin sharing cara menaikkan traffic blog (tidak) dalam waktu singkat yang pernah dialami sendiri dalam blog sebelah.

Sebenarnya kalau rajin browsing dengan keyword traffic blog, teman semua akan dapat menemukannya dengan mudah. Ratusan post dengan keyword ini sudah pernah dituliskan dan berjejer di page one Google. Begitu banyak post terkait ini dan rata-rata bahkan mengatakan kalau dengan mengikuti cara mereka, kita bisa meningkatkan traffic dengan waktu singkat.

Apa Itu Traffic Blog, Kenapa Menjadi Penting?


Kenapa sih traffic blog menjadi penting? Apa kaitannya dengan kegiatan blogging itu sendiri? Saya sendiri sebenarnya termasuk yang tidak memperhatikan hal ini saat awal-awal blogging. Apalagi saat itu saya merasa kalau blogging itu hanyalah diari online saya.

Namun, apabila kamu termasuk blogger yang berencana untuk menjadi #ProfessionalBlogger atau full time blogger, mendapatkan traffic blog yang tinggi adalah salah satu yang harus diperhatikan. Atau juga yang ingin mendapatkan uang dari blog - harus perhatian juga dengan ini.

Apalagi jika kamu ingin mendapatkan job review (blak blakan banget yak saya). Bahkan beberapa brand yang mengadakan lomba pun sudah mulai melirik traffic blog peserta sebagai salah satu kriteria. Kalau sudah seperti itu, kita perlu tahu tentang apa itu traffic blog dan juga bagaimana cara meningkatkan traffic blog yang mudah dan bisa dilakukan. 

Traffic blog itu menunjukkan berapa banyak pengunjung ke blog kita. Dalam menganalisa traffic blog ini, bisa menggunakan beberapa alat yang tersedia, seperti Stat WP (untuk pengguna wordpress), statistic blogspot, Google Analytics (GA), statcounter dan lain sebagainya.

Buat yang sudah menggunakan Google Analytics, bisa membandingkan stat antara bawaan blogspot dan GA sendiri, akan terlihat berbeda. Biasanya untuk urusan Job Review, mereka akan menggunakan GA.

Beda statistik atau trafik blog dengan GA:  Blogger stats system counts visits from robots and search crawlers, counts spam bots. (sumber: morefromyourblog.com & Support Wordpress.org).  

Cara Meningkatkan Traffic Blog (Tidak) Dalam Waktu Singkat


Setelah mengenal sedikit, walau cuma dikit soal apa itu traffic blog, baru deh kita bahas soal cara meningkatkan traffic blog itu sendiri. Dari awal saya menggunakan (Tidak) karena bagi saya sendiri, menaikkan traffic blog bukanlah kerja instant.

Walau saya sendiri berhasil menaikkan traffic blog di febriyanlukito dengan cukup wow (menurut saya sendiri ya), tapi itu merupakan efek dari yang dikerjakan sejak beberapa bulan sebelumnya.

Tulisan terpopuler di febriyanlukito.com, Iphone mati tiba-tiba, terbit di tanggal 25 Mei 2015 kemarin. Saat awal, sudah barang tentu pengunjung hanyalah sekitaran 10-50 views, yang rata-rata dari reader wp ataupun follower di email.

Namun setelah baca sana sini, akhirnya mengedit sedikit post dengan menambahkan SEO untuk di postingan, traffic perlahan pun naik. Kini pageviews rata-rata di bulan November – Desember 2015 untuk post tersebut adalah 700/hari.

cara-menaikkan-traffic-blog-dengan-mudah
Pergerakan traffic blog di febriyanlukito.com

Terus gimana dong cara menaikkan traffic blog (tidak) dalam waktu cepat itu? Ada banyak cara. Cara-cara ini ada yang sudah saya lakukan dan berhasil dan juga ada yang berdasarkan hasil browsing dan dilakukan oleh para pakar di luar negeri ya. 

Cara Menaikkan Traffic Blog #1: Blog Design


Kenapa desain blog termasuk dalam salah satu cara menaikkan traffic blog? Karena inilah rumah yang akan dikunjungi oleh orang lain. Jika salah satu dianggap kurang menarik, orang akan malas datang kembali. Setidaknya ada 3 hal yang harus diperhatikan terkait desain blog untuk menaikkan traffic blog kita

Desain Blog harus lolos speedtest

Yang pertama adalah bahwa loading blog haruslah cepat. Saya pernah memasang berbagai macam widget dalam blog hanya untuk seru-seruan, seperti widget ikan, jam, chat dan lainnya.

Hal ini sih membuat blog kita menarik ya. Tapi ternyata membuat loading blog kita jadi lemot. Dan hasilnya, semenarik apapun isi blog kita, karena loadingnya lama, orang enggan datang dan membaca.

cara-menaikkan-traffic-blog-dengan-mudah
Tes kecepatan Keluargabiru.com per 20 Desember 2015 di GTMetrics

Coba siapkan desain blog yang lebih sederhana namun memikat. Yang loading-nya tidak memakan waktu lama (walaupun jaringan internet sedang lemot sekalipun). Caranya adalah dengan menghilangkan widget-widget yang tidak diperlukan.
Cara test kecepatan loading blog: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights

Mobile Friendly Itu Harus

Tahun 2015 ini ramai dengan pengumuman oleh Google tentang Mobilegeddon. Yang mana menekankan bahwa sekarang ini jamannya mobile. Bahwa hampir semua traffic blog sebagian besar datang dari mobile. 

cara-menaikkan-traffic-dengan-mudah
Sumber traffic febriyanlukito.com - 70% lebih dari mobile dan tablet (Google Analytics)
Coba saja cek statistic traffic blog kalian sekarang. Berapa persenkah yang datang menggunakan mobile? Kalau di febriyanlukito.com jumlahnya lebih besar daripada yang desktop.

Mulailah aktifkan mobile desain untuk blog kamu sekarang. Bisa dengan membuat aplikasi mobile seperti danirachmat.com ataupun dengan mengaktifkan mobile version untuk wordpress.com dan blogspot.com users. Jika kamu pengguna wordpress org atau self-hosted, bisa menggunakan plugin mobile.

Cek apakah blog kamu sudah mobile friendly atau belum di sini: https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly

Desain Yang Nyaman Dibaca

Banyak yang mengatakan jangan kasih sidebar biar nyaman dibaca. Atau ada yang bilang background jangan aneh-aneh. Apapun itu yang dikatakan, pasti ada alasan di baliknya. 

Nah dalam psikologi warna, ternyata warna putih itu membuat nyaman pembaca, jadi kenapa tidak membuat desain yang memang backgroundnya putih.

Kalau kata mbak Shintaries, setidaknya 70% dari blog adalah putih.

Cara Menaikkan Trafik Blog #2: Marketing Untuk Blogger


Marketing? Duh aduh… bahasannya cukup berat yak. Tapi saya pribadi menganggap blog itu adalah produk yang harus dipasarkan. Jadi ya perlu tahu dikit-dikit untuk terkait marketing. 

A. Masalah Target Blog

Saya sering dengar teman kantor lama, yang bekerja di bagian marketing, pusing karena diminta untuk mengejar target. Lalu apakah blog juga perlu target? Saya pribadi melihatnya iya.

Ada dua target yang perlu diperhatikan kalau dalam praktek saya:

Siapa saja orang yang kita harapkan membaca tulisan kita

Berapa jumlah artikel di luar sana? Saya sendiri tidak tahu. Tapi yang pasti lebih dari ratusan. Setiap detik aka nada tulisan baru lagi. Misalnya saja tulisan mengenai cara menaikkan traffic blog dengan mudah, saya yakin saat saya lakukan survey awal hingga tulisan ini selesai akan berubah lagi jumlahnya.

Nah kebayang dong kalau kita sendiri gak jelas dalam menempatkan blog kita? Bisa-bisa kalah dengan ribuan bahkan mungkin jutaan tulisan baru yang beredar setiap harinya itu.

Selain itu, beda target pembaca itu beda juga tata bahasa yang harus kita siapkan. Atau mungkin juga isi tulisan kita. Kalau target kita orang luar negeri, gak mungkin kita menulis semua dalam bahasa Indonesia. Haruslah menulisnya dalam bahasa inggris.

Target bulanan – terutama terkait traffic blog

Ini sih yang saya lakukan. Setiap bulannya saya mengamati dan melihat trend traffic blog saya sendiri. Dari sana saya kemudian membuat target per minggu. Baru kemudian break down ke hari. Kalau kira-kira tidak mencapai, saya pun mulai mencari tahu apa yang kurang dan mencoba mencari cara menaikkannya.

Banyak yang bisa dipelajari dari statistic traffic blog kita. Salah satunya jenis tulisan seperti apa yang disukai. Pembaca lebih banyak datang dari mana, apakah dari facebook atau dari twitter ataukah justru dari sumber lainnya? 

Dari sumber ini juga pelajari apa yang dicari dan mulai menyiapkan jenis tulisan serupa dan berharap target terpenuhi.
Menuliskannya sih gampang, prakteknya? Saya sendiri masih pusing dengan branding untuk febriyanlukito.com. Hahaha. 

B. Apakah blog kamu memberi manfaat bagi pembaca?

Dari sekian lama mengamati traffic blog, satu yang saya dapat ambil sebagai kesimpulan utama adalah bahwa tulisan yang diminati adalah tulisan yang member manfaat dan juga berdasarkan pengalaman pribadi. Ya kalau di saya soal iphone itu.

cara-mudah-menaikkan-traffic-blog
Kalau bermanfaat, konten sepanjang apapun akan dibaca dan dishare kan? Sumber: Neil Patel

Jika ingin menaikkan traffic blog, ya tulis konten yang bermanfaat bagi banyak orang. Konten yang kira-kira dicari oleh banyak orang. Misalnya saja tips traveling dengan anak kecil, membuat sendiri bento jepang. Keduanya saya yakin traffic boost banget kok.

C. Pasarkan Melalui Komunitas

cara-menaikkan-traffic-blog-dalam-waktu-singkat
Ikut komunitas dan pasarkan tulisan - Blogger Kekinian bisa jadi pilihan
Hidup ini gak mungkin kita lewati seorang diri. Itu kenyataannya. Jadi jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas-komunitas yang memang cocok dengan kalian. Bagilah pengalaman melalui tulisan kalian di sana.

Komunitas yang tepat ya… misalnya, tulisan yang ingin kita bagi adalah review produk kecantikan. Akan lebih tepat jika tulisan tersebut dibagikan ke komunitas ibu-ibu atau gadis. Dan jangan sekali-sekali melanggar ketentuan komunitas tersebut ya. Setiap komunitas punya aturannya. Baca dan baca dan baca syarat dan ketentuan berlaku.

Belum Berakhir - Cara Menaikkan Trafik Blog 

Nah untuk sementara saya stop sampai di sini dulu ya. Karena tulisan tentang cara menaikkan traffic blog ini masih akan panjang. Masih banyak pembahasan terkait yang bisa menaikkan traffic blog kita itu seperti menggunakan SEO, blogwalking, sharing dan lainnya. 

Dan yang saya tuliskan di atas seringkali dianggap remeh dan gak diperhatikan oleh sebagian besar blogger - apalagi blogger pemula (seperti saya). Hingga akhirnya traffic tidak meningkat sama sekali. 

Nantikan di tulisan berikutnya ya. Jangan sungkan sampaikan pertanyaan ke info@tulisanbloggerindonesia.com (termasuk jika ingin direview blog-nya. Saya siap bantu secara cuma-cuma) atau berkunjung ke www.tulisanbloggerindonesia.com untuk tips blogging, tips seo lainnya. Semoga bermanfaat ya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

81 comments

Write comments
January 5, 2016 at 9:18 PM delete

Satu lagi rajin-rajin BW dan tinggalkan komentar :-)

Reply
avatar
January 5, 2016 at 9:23 PM delete

Terimakasih postingannya sangat membantu...

Reply
avatar
January 5, 2016 at 9:35 PM delete

tarik napas panjaaaang mas. hahaha...selalu tertarik dengan bahasan trafik tapi kemudian mumet. yang mana dulu, yang mana dulu?

setuju mas soal tulisan yang bermanfaat yang mendulang trafik. di blog saya juga gitu. tulisan tentang objek wisata lokal tuh yang aweeet aja dikunjungi. alhamdulillaah. walau heran juga, yang nggak dijagoin malah rutin nyetor trafik.

Reply
avatar
January 5, 2016 at 9:42 PM delete

wah ini dia tips yg kekinian banget!

Reply
avatar
January 5, 2016 at 9:45 PM delete

Tipsnya terbukti ampuh ...makasi sharingnya. btw mas ada solusi menjadikan tampilan blog kita mobile friendly tanpa mengubah template utamanya (blogspot) ?

Reply
avatar
January 5, 2016 at 10:28 PM delete

mas mas mas numpang tanya,jumlah posting efeknya besar g mas, soale ku bloger yg masi males malesan e kalo mau posting??

Reply
avatar
January 5, 2016 at 10:42 PM delete

faktor backlink dan social signal apa pengaruh juga untuk algortima terbaru yang sekarang gan? BTW Thanks tipsnya, mantep juga :D

Reply
avatar
January 5, 2016 at 11:08 PM delete

Rajin BW dengan meninggalkan komentar yang terkait dg tulisan, menurut saya adalah salah satu cara untuk menaikkan traffic. Nggak sabar nunggu bahasan mengemai SEO nih.. Makasih tipsnya ya..

Reply
avatar
January 6, 2016 at 12:14 AM delete

Thanks foe sharing. Memang sebaiknya menulis sesuatu yg dibutuhkan orang lain. Lebih menyenangkan lagi kalau topiknya sesuatu yg kita suka juga. Ya kan?

Reply
avatar
January 6, 2016 at 12:48 AM delete

Gan kalau kita ga aktifkan versi model mobile di settingan blogspot gimana ya gan? Soalnya template saya sudah mendukung responsife gan. Apa itu ga papa?
Saya tunggu posting selanjutnya gan. Thanks.

Reply
avatar
January 6, 2016 at 2:35 AM delete

Makasih ilmunya mas.. Ngomongin traffict...punya saya msh acak adut
... Hi hi..jadi malu

Reply
avatar
noe
January 6, 2016 at 6:36 AM delete

iih keren mas ryan, tulisannya dibaca ratusan org sehari. itu utk 1 post doang, ditambah top post lain, apa ngga ribuan tuuh. ajariiin

Reply
avatar
January 6, 2016 at 6:59 AM delete

Ngelap keringet dulu....ternyata emang banyak hal harus dilakukan untuk bisa menaikkan traffic blog dalam waktu (tidak) singkat... Sabar,sabar...

Reply
avatar
January 6, 2016 at 7:45 AM delete

Maksih gan ini sangat membantu saya dalam menaikan blog blog saya, terus terang saja saya agak kesulitan menaikan blog blog saya dan dengan membaca ini saya merasa terbantu ...makasih gan dan terus berbagi....

Reply
avatar
January 6, 2016 at 7:57 AM delete

apakah dengan blogwalking dapat menambah visitor ?

Reply
avatar
January 6, 2016 at 9:16 AM delete

Saya pun masih berkutat dengan masalah traffik. Terima kasih atas artikelnya yang sangat bermanfaat.

Reply
avatar
January 6, 2016 at 10:16 AM delete

Bikin content viral, nanti trafik bakal naik pesat :D

Reply
avatar
January 6, 2016 at 11:02 AM delete

TFS...Meskipun saya ga begitu ngerti hahaha...tak bacae lagi deh pelan2...

Reply
avatar
January 6, 2016 at 12:05 PM delete

Sama, sy juga dulu gak peduli tentang traffic blog (mungkin sampe sekarang sih), tapi lama2 ketularan sama teman2 blogger yg bisa dpt job review atau duit lewat blog jadi mau gak mau harus perhatiin traffic blog biar rame.

Reply
avatar
January 6, 2016 at 12:23 PM delete

Tulisan yang bermanfaat. Sekarang mulai bikin artikel yang dilirik pembaca

Reply
avatar
January 6, 2016 at 12:35 PM delete

Benar mas. Itu di part 2 nanti. Masih banyak yang blm masuk di sini. Salam kenal mas.

Reply
avatar
January 6, 2016 at 12:48 PM delete

Terima kasih banyak Kang Arul.
Saya malah jadi malu dipuji sama Kang Arul, yang notabene lebih pengalaman dari saya nih.

Reply
avatar
January 6, 2016 at 12:50 PM delete

Mbak, abis tarik nafas itu dilepaskan kan? Gak ditahan? :D

Itu dia mbak, yang dicari oleh pembaca blog adalah tulisan yang memang memberi manfaat bagi mereka. Jadi kenapa kita enggan berbagi lewat tulisan yang bermanfaat?

Reply
avatar
January 6, 2016 at 12:50 PM delete

Wahh... mudah2an sih kekinian mbak. Saya masih belajar juga dan ingin sharing yang saya dapatkan aja.

Reply
avatar
January 6, 2016 at 12:52 PM delete

Wahh... mbak Sashy. Terbuktikah?
Untuk mobile friendly ya. sebenarnya bs dari settingan template mbak. itu masuk ke dalam edit template kita

Reply
avatar
January 6, 2016 at 12:53 PM delete

Sama-sama Mbak Oline, moga bermanfaat sharingnya.

Reply
avatar
January 6, 2016 at 12:54 PM delete

One post a day itu efektif juga kok mas untuk traffic. Setidaknya akan memberi tanda bahwa blog kita itu hidup.
Tapi kalau kita sudah bermain SEO dengan baik, post sedikit tetap bisa menarik traffic yang banyak kok.

Reply
avatar
January 6, 2016 at 12:56 PM delete

Pengaruh mas. Sangat pengaruh. Kalau tidak salah ingat di part 2 akan dibahas soal itu mas.
Backlink sendiri, harus hati2 ya mas (eh mudah2an gak salah sebut mas dan mbak nih), harus yang berkualitas.

Reply
avatar
January 6, 2016 at 12:57 PM delete

Betul mas, BW dan komentar terkait (jangan spam) itu salah satu cara efektif - akan dibahas di part 2.
Duh, kok saya jadi deg deg an ya buat sharing part 2 nya

Reply
avatar
January 6, 2016 at 12:59 PM delete

Betul banget mbak Vita. Sesuatu yang kita tulis, kalau memang topik yang kita suka, lebih berasa kok.
Ini juga sebenarnya bagian dari branding - marketing tips yang di atas. Jangan menulis yang memang tidak kita sukai, yang ada jadi beban.

Reply
avatar
January 6, 2016 at 1:00 PM delete

Responsif juga bagus mas. Tapi kalau dibuka di hape, tampilan blognya spt apa? Kalau aksesnya bagus sih gak masalah mas. Dan responsiveness itu juga dites lewat yang mobile friendly test google itu kok.

Reply
avatar
January 6, 2016 at 1:01 PM delete

Gak usah malu mbak. Saya pun mulai dengan traffic jauh di bawah teman yang lain kok. Asal kita berusaha dan rajin pasti bisa.

Reply
avatar
January 6, 2016 at 1:03 PM delete

Huaa Mbak Noe... jadi malu saya nih...
Ya yang saya tulis ini yang saya lakukan mbak. Dirimu mah tinggal perkuat branding dan SEO mbak, udah ada pasarnya blog mbak Noe mah

Reply
avatar
January 6, 2016 at 1:05 PM delete

Butuh tissue gak mbak?
Memang harus sabar mbak. Semangat yakk...

*mudah2an nanti part 2 dibaca juga mbak*

Reply
avatar
January 6, 2016 at 1:17 PM delete

Sama-sama mas El, terima kasih sudah membaca dan moga bisa terus sharing mas.

Reply
avatar
January 6, 2016 at 1:17 PM delete

Bisa banget. BW termasuk dalam salah satu tips yang akan dibahas di part2

Reply
avatar
January 6, 2016 at 1:18 PM delete

Sama-sama mas. Senang jika tulisan seorang blogger indonesia ini bisa membantu

Reply
avatar
January 6, 2016 at 1:20 PM delete

Benar banget. Content Viral pasti akan cepat naik trafficnya.

Reply
avatar
January 6, 2016 at 1:22 PM delete

Wah, kurang mengerti di mananya mbak? Jangan sungkan email ke saya ya

Reply
avatar
January 6, 2016 at 1:25 PM delete

Perlahan mas. Perbaiki perlahan pasti nanti juga akan berhasil mas

Reply
avatar
January 6, 2016 at 2:28 PM delete

Baru tau ada komunitas blogger kekinian. Saya merasa gagal jadi kekinian. -___-

Reply
avatar
January 6, 2016 at 6:52 PM delete

Bahahhahahaakks duh ketawaku lepas banget. Kemarim sempat ikut blogger kekinian, so saya out. Mendadak takut kalo ada share link gak jelas (seperti saru sara dan kawan2), soalnya saya belum kenal betul dg si admin. Wkwkwkwk maapkeuuun.


Baru kali ini saya baca tips naikin visitor. Biasanya ada tuh yg muter2, ujung2nya buka link lagi. Wkwkwkw. Tengkyuuh mas. Ohya saya mau nanya kalo cari kata kunci apa yg sering dicari di blog kita, pakai apa ya mas? Lahhh gak nyambung wkwkkw



Kalo tahu tolong dijawab ya mas, soalnya saya nyari di gugel ndak keluar2 :D

Maapkan kalo komen saya ngalor ngidul mas :D

Reply
avatar
January 6, 2016 at 6:54 PM delete

Mau doong di review blognya hihihi

Reply
avatar
January 6, 2016 at 6:54 PM delete

Mau doong di review blognya hihihi

Reply
avatar
January 7, 2016 at 1:42 PM delete

Jangan begitu mas. Ini masih baru kok. Selamat bergabung yakkk

Reply
avatar
January 7, 2016 at 1:43 PM delete

Sama-sama. Salam kenal juga ya.
Keyword yang sering dicari di blog kita?
Bisa dicek di Google Analytics kok. Di part dua nanti akan dishare juga. Syaratnya? Ya terdaftar aja di google analytics itu.

Reply
avatar
January 7, 2016 at 1:48 PM delete

Sampai dua kali nih komennya mbak Lia. :D

Reply
avatar
January 8, 2016 at 6:29 AM delete

Mas Ryan,makasih banyak ilmunya. Template aku nih masih yang belum lolos speed test kali ya. Lagi mikir mau ganti template,semoga gak lupa caranya *nasib gak ngerti html*

Reply
avatar
January 9, 2016 at 2:36 AM delete

Terima kasih sudah sharing ilmunya Mas ... Memang benar sih ya, balik ke content lagi, bermanfaat ga bagi pembaca huehehe :-)

Reply
avatar
January 11, 2016 at 4:00 PM delete

Postingan keren
Saya nunggu lanjutannya yo mas
Mau belajar jadi blogger serius

Reply
avatar
January 11, 2016 at 10:35 PM delete

Iya mas. Bener banget itu. Kalau gak bermanfaat sih ujung2nya dibaca dan kemudian dilupakan.

Reply
avatar
January 11, 2016 at 10:36 PM delete

Duh... jadi malu nih saya mbak, belum melanjutkan lagi. :D Ditunggu ya

Reply
avatar
February 5, 2016 at 4:01 PM delete

Mobile friendly penting banget ini mas

Reply
avatar
TBI
February 8, 2016 at 4:17 AM delete

Iya mas. Mobile friendly jadi ssngat penting sekarang ini.

Reply
avatar
March 18, 2016 at 3:04 PM delete

sangat membantu...dulu entah kenapa traffic aku pernah sampai 1000an per hari tapi karena ganti domain jadi .com ehhh jadi merosot tajaaaaaam

Reply
avatar
April 27, 2016 at 8:48 PM delete

Harus mengulang dari awal lagi memang kalau pindah ke domain mbak Meykke.

Reply
avatar
April 30, 2016 at 11:11 AM delete

Saya bingung deh mas, sama speed blog tu. Misal kemarin speed load-nya lolos, eh hari ini bisa enggak. Akhirnya saya males ngecek. Paling cuma dua minggu sekali. kalo lelet ya, saya biarin aja, karena pikirnya ntar juga oke lagi.

Reply
avatar
May 7, 2016 at 5:09 AM delete

Saya termasuk yang sedang dalam masa transisi, antara bodo amat dengan traffic blog, dan pengen juga traffic blognya tinggi hehe

Reply
avatar
June 8, 2016 at 7:00 PM delete

Traffic blogku stagnan euy, sehari jarang dapet 20. Kurang share, kurang di update, kurang menarik, dan kebanyakan kurang2 lainnya. Btw gimana sih baca google analytic? Ajarin pliiissss. Thx sharingnya mas feb

Reply
avatar
June 8, 2016 at 9:08 PM delete

Sebagian sudah saya laksanakan dan hasilnya memang mantap.
Terima kasih tipsnya yang bermanfaat
Salam hangat dari Surabaya

Reply
avatar
June 9, 2016 at 4:40 PM delete

aduh, masalah marketing ini nih.. aku merasa lemah, hahaha.. tp tips2nya bagus nih. masih ada PR jg untuk mempercepat load time blogku. :D

Reply
avatar
June 9, 2016 at 7:23 PM delete

yang mobile friendly itu ngaruh banget :)

Reply
avatar
June 11, 2016 at 7:57 AM delete

Salam kenal mba, aku blogger newbie.
Membaca ini sangat bermanfaat.
Terimakasih
Mba aku kirim email yah mau ada sedikit yg dtanya.

Reply
avatar
June 14, 2016 at 3:41 PM delete

kalo sudah bahas mengenai trafik blog ane merasa malu, blog ane sedkit yang mampir , maklum newbi.. semoga dengan membaca artikel ini ane bisa menerapakan dan selanjutnya blog ane bisa banyak visitornya. amin

Reply
avatar
August 22, 2016 at 12:32 PM delete

Tulisan agan bermanfaat banget buat newbie kek saya gini..
Makasih banget ya gan :)

Reply
avatar
November 18, 2016 at 1:12 PM delete

Makasih ya sharingnya sangat bermanfaat

Reply
avatar
January 26, 2017 at 7:46 AM delete

Manfaat banget mas untuk saya yang baru mulai blogging

Reply
avatar
February 16, 2017 at 12:00 AM delete

terimakasih mas tips nya, saya baru buat blog dan artikel baru 1 ekor, hihi... semoga kedepan bisa rame blognya

Reply
avatar