Berpenghasilan di Dunia Maya





Memiliki penghasilan sendiri adalah hal yang paling diinginkan anak-anak muda usia sekolah/mahasiswa. Terlebih jika penghasilan itu didapatkan dari cara yang mereka sukai. Dengan memiliki penghasilan sendiri selama masa pendidikan, mereka jadi memiliki pilihan untuk membeli barang-barang yang mereka sukai tanpa perlu menyisihkan uang jajan dari orang tua.

Lalu bagaimana caranya kita bisa berpenghasilan?

Klo bertanya pada mbah google, jawabannya pasti dengan menggunakan internet, baik menggunakan jalur jasa periklanan, maupun dengan menjual keahlian kalian lewat internet. Mengapa Google lebih menyarankan kita untuk mendapatkan uang dari internet?
Jawabannya karena pada saat ini, kita sadari bahwa internet telah memainkan peranan penting dalam kehidupan masyarakat kita. Penggunaan social media, maupun aplikasi komunikasi berbasis internet seperti whatsapp dan blackberry mesengger pun mengharuskan kita terkoneksi internet untuk bisa saling berkomunikasi dengan lawan bicara.

Nah lalu, bagaimana cara kita bisa berpenghasilan dari dunia maya?

Dunia maya merupakan dunia satu wajah, wajah tersebut adalah bagaimana orang lain di internet akan menemukan dan mengenali kita. Wajah tersebut adalah brand! Betul sekali brand! Berasa seperti jualan merk odol? Oh iya mirip emang. Jika kita menyebut apa merk odol nomer wahid di Indonesia kalian bisa menyebutkan satu merk yang sudah dipake oleh kebanyakan orang tua kita sejak jaman dahulu kala. Jika kita menyebut lebih spesifik odol untuk gigi sensitif maka kita langsung bisa menerka brand apa yang segera tampil di pikiran kita. That is!

Apa brand kita di dunia maya?

Nah disinilah kita harus menggali lebih jauh, apa kemampuan kita di dunia maya? Apakah menulis seperti blogger, atau berjualan produk komputer seperti bhinneka.com? atau yang lain? Tapi sebelum kita melangkah mengenai apa yang bisa kita jual di dunia maya, mari kita lihat secara seksama bagaimana orang akan menemukan kita di internet.

Internet adalah teks

Orang mencari kita menggunakan search engine, paling lumrah dipake adalah google, ya kalo kalian yang udah lama banget kenal internet dan gagal move on dari yahoo! Atau kalian termasuk yang gak punya pilihan saat default searchnya dibajak secara paksa oleh searchengine abal abal macam mysearch cuma gegara seneng ndonlot software gak jelas pun gak masalah sih, tapi disini ketika kita melakukan pencarian di search engine, maka yang paling mungkin kita masukkan adalah kata kunci berupa teks! Meskipun Google mempersenjatai android dengan kemampuan voice speech toh kalian tetep lebih suka mengetik keypadnya. Jadi jika kalian ingin mudah ditemukan di internet, kuasailah kemampuan menulis di internet yaitu ngeblog.

Tapi aku lebih suka bikin video trus diupload di yutub?

Ya gak masalah, klo kalian bisa bikin channel yutub dan konten kalian unik pasti banyak orang yang akan datang ke channel kalian, maka pundi-pundi uang bisa masuk setelah kalian memonetize channel tersebut. Tapi untuk keperluan promo, lagi-lagi kalian harus menuliskan deskripsi teks agar orang tertarik menonton video kalian.

Menulis = Personal Branding = Penghasilan

Oke kamu bisa berjualan produk dan mengunggahnya di berbagai marketplace secara gratis, tetapi lagi2 jika kamu gagal mendeskripsikan produkmu dengan jelas, maka tidak akan beda seperti kamu menjual kue kering di dalam plastik kresek warna hitam di pasar malam. Tanpa ada penjelasan yang memadai benda apa yang kamu jual, harga, dan deskripsinya, orang akan dengan mudah melewatkan apa yang kamu tawarkan disana.
Dari pengalaman menulis di internet, akan semakin terlihat karakter kepenulisan kamu, yang nantinya bisa menjadi ciri khas dan magnet untuk menarik banyak pihak baik sekedar membaca tulisanmu, bertanya atau berkomentar, bahkan berita baiknya, menawarkan kamu kerjasama untuk mempromosikan produk mereka.
Saat ini, menulis di blog punya banyak sekali potensi pendapatan dari dunia maya, permintaan untuk melakukan endorse produk, maupun dengan mengkombinasikannya dengan sumber pendapatan seperti  jasa slot iklan, adsense, maupun afiliasi. Dan jangan salah, banyak blogger yang pada akhirnya memilih untuk hengkang dari profesi mereka sehari-hari demi menjadi fulltime blogger yang hanya mencari uang dari dunia maya. Beberapa dari mereka memiliki Branding sendiri-sendiri, ada yang travel bloger, fashion blogger, dan seterusnya, dan rata-rata banyak perusahaan mau bekerjasama dengan mereka.

Jadi kesimpulannya, untuk mendapatkan penghasilan dari dunia maya, kamu harus memiliki branding yang kuat, dan branding itu didapat dari kemampuan kamu dalam menulis di dunia maya.


Ditulis oleh Priyo Harjiyono untuk bloggerkekinian.com, penulis bisa kamu stalking di rumah mayanya di anotherorion.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
December 30, 2015 at 6:35 PM delete

Penasaran nih mas Priyo ini udah dpt duit apa aja dr dunmay :) share duuunk

Reply
avatar
December 31, 2015 at 8:55 PM delete

Wah memang benar kalau keywords penting juga ya karena source paling besar untuk blog biasanya dari search engine :-)

Reply
avatar
February 5, 2016 at 3:59 PM delete

Yang paling menghasilkan job review sama content placement mbak, klo yang sifatnya pasif pake google adsense atau afiliate

Reply
avatar
January 21, 2017 at 11:31 PM delete

Kalo agency untuk pemasangan content placement, ada daftarnya ga mas?

Reply
avatar