Tips Ampuh Atasi Sakit Gigi Pakai Bahan Alami





Anisa AE -Kalau orang sedang sakit gigi, jangan coba-coba buat  diganggu deh. Karena, temperamen orang sakit gigi itu sedang pada fase ganas-ganasnya. Mungkin bagi yang belum pernah mengalami sakit gigi tidak akan pernah tau betapa gigi semakin sakit kalau ada orang beriksik di sekitar, rasanya seerti ingin makan orang :D. Bahkan ada lirik lagu yang mengatakan “lebih baik sakit hati ketimbang sakit gigi”, betul banget loh, tapi bagi sebagian orang mungkin tidak setuju karena dua-duanya juga sakit :’(. Sakit gigi terjadi saat terjadi peradangan atau infeksi pada gigi yang berlubang , makanan dan minuman yang memiliki suhu terlalu dingin atau terlalu panas, makanan dan minuman manis, dan bisa terjadi karena peradangan gusi.

Saat mengalami sakit gigi, hal terbaik yang harus dilakukan adalah pergi ke dokter  gigi untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat. Tapi jika ingin menggunakan cara alternatif juga ada, dan cara ini bisa dibilang cara alami karena hanya menggunakan bahan-bahan alami.


1.     Air garam

Garam adalah salah satu dari bumbu dapur yang tidak dapat lepas dari masakan. Meskipun memiliki rasa yang asin dan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti hipertensi jika terlalu banyak mengonsumsinya, kandungan zat dalam garam sudah terbukti dapat membunuh kuman yang menyebabkan sakit gigi pada gigi berlubang.

Caranya adalah dengan melarutkan garam secukpnya menggunakan air hangat. Kemudian kumur-kumurlah mengunakan larutan air garam terebut. Mungkin akan terasa sakit pada gigi yang berlubang, tapi tidak akan berlangsung lama.

2.     Getah jarak

Anda sudah tau dengan pohon jarak? Pohon jarak sering disebut sebagai apotek hidup. Kenapa demikian? Karena jarak sudah dikenal sebagai tanaman obat sejak dahulu. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari pohon jarak. Selain bisa menyembuhkan luka dan gatal-gatal, bisa juga digunakan sebagai obat alami sakit gigi. 

Caranya dengan memotong daun pohon jarak, lalu teteskan langsung getahnya pada gigi yang berlubang. Bisa juga dengan menaruh getanya pada kapas atau cotton bud lalu kompreskan pada gigi yang sakit.

3.     Bawang putih

Bawang putih sendiri adalah salah satu yang digunakan dalam membumbui masakan. Akantetapi beberapa orang  tidak menyukai bawang putih dengan alasan baunya yang sangat mengganggu. Mengonsumsi bawang putih juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap pada tubuh. Tetapi selain sebagai bumubu masakan, bawang putih bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi. 

Caranya ambil satu suing bawang putih, lalu belah menjadi dua. Letakkan bawang putih yang telah dibelah pada gigi yang sakit, diamkan selama beberapa menit.  Atau bisa juga dengan melembutkan bawang putih sampai menjadi seperti pasta dan oleskan pada gigi yang sakit menggunakan cotton bud.

4.     Minyak tawon

Banyak orang yang menggunakan minyak tawon sebagai minyak untuk pijat. Di balik minyak tawon terdapat banyak kegunaan selain untuk minyak pijat. Diantaranya bisa sebagai obat saat terkena gatal-gatal, bisa juga obat untuk luka luar agar cepat kering. Meskipun baunya menyengat dan sangat mengganggu, minyak yang biasa digunakan untuk pijat keseleo ini  juga bisa mengobati sakit gigi.

Caranya dengan mengoleskan minyak tawon pada cotton bud atau kapas steril lalu kompreskan pada gigi berlubang yang sakit dan diamkan beberapa menit. Lakukan secara teratur maka sakit pada gigi akan berkurang.




5.     Es batu

Siapa sih yang tidak akrab dengan es batu? Ya, biasanya es batu identik dengan minuman segar dan dingin. Tapi tahukah jika es batu sangatlah banyak manfaatnya. Es batu dipergunakan dalam pengawetan ikan agar tetap segar.  Juga digunakan dalam mengaduk adonan roti agar suhu adonan tetap dingin dan tidak mengembang. Selain itu manfaat lain dari es batu bisa meredakan sakit pada gigi.



Caranya dengan mengkompreskan es batu pada pipi yang bengkak akibat sakit gigi. Hal tersebut terbukti dapat meredakan nyeri pada gigi. (Baca selengkapnya)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »