Bermain Game Online Tak Berbahaya untuk Kesehatan

 


Hai Sobat, game belakangan ini menjadi hal yang paling banyak digemari terlebih sejak masa pandemi  di mana kita lebih sering menghabiskan waktui dengan bermain ponsel. Salah satu kegiatan yang menjadi rutinitas dan hampir dilakukan semua orang adalah bermain game, bahkan ada yang menjadikan ini sebagai hobi. Kenyataannya meninggalkan game akan sulit dalam kehidupan sehari-hari, bahkan dimainkan oleh semua kalangan mau dari smartphone, laptop, maupun komputer. 

Bagi seorang gamer yang sudah menjadikannya hobi akan memainkannya di mana saja dan kapan saja terlebih saat waktu luang. Hal ini tidak menjadi masalah asal kita bisa mengelolanya dengan baik. Bermain game sendiri tidak bisa dihindari oleh siapapun mulai dari anak kecil dan remaja untuk menghabiskan waktunya. Tak hanya itu, anak-anak lebih suka bermain di ponsel daripada permainan biasa secara langsung. 

Namun, kecanduan akan game membawa dampak negatif, hal ini sulit dihindari karena sekali merasakan asyiknya main game pasti akan kebiasaan dan terlena. Sehingga siapapun yang memainkan game rela menghabiskan waktu untuk terus bermain dan menatap layar ponsel secara terus menerus. Hal ini bisa merusak mata dan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, kita harus menghindari risiko yang berbahaya untuk kesehatan ini dengan beberapa tips berikut:

1. Memainkan game online terbaik

Sekali bermain game pasti akan membuat kita lupa waktu sehingga tidak merasa kalau sudah bermain game beberapa jam. Maka dari itu, sebaiknya membuat jadwal bermain game dalam sehari berapa jam atau mengatur waktu agar tidak bermain terlalu lama. Selain itu, terlalu lama bermain game dan fokus menatap layar ponsel akan membuat kesehatan menurun. Sekali bermain game pasti kita akan berfokus atau berkonsentrasi pada cara memenangkan permainan tersebut sampai lupa segalanya. Perlu diingat lagi, jika kita sakit tentunya tidak bisa memainkan game lagi. Oleh karena itu, jaga kesehatan dan atur jadwal dengan baik.

2. Menghindari game yang tidak ada habisnya

Saat bermain game online pastinya kita akan lupa dengan segalanya karena menganggap game bisa menghilangkan stress, menyenangkan, dan menghibur, serta membuat kita merasa bangga saat menang. Biasanya saat bermain game pasti akan membuat kita ingin sekali menyelesaikan game ini sampai akhir, sehingga kita akan memainkannya setiap saat. 

3. Tidak perlu terbawa emosi

Saat bermain game pastinya emosi naik turun karena kesal pada diri sendiri yang tidak bisa mencetak skor atau naik level. Tak jarang para gamers akan mencari pelampiasan karena frustrasi, hal ini yang akan membuat diri sendiri rugi. Oleh karena itu, jika merasa permainan tersebut memantik amarah, coba berhenti sejenak karena tak ada gunanya bermain. Saat seperti itu, kita tidak akan bisa berpikir jernih dan menyusun strategi dengan baik bahkan bisa dikalahkan.

4. Memilih game yang mengasah otak

Kita bisa memilih game yang bisa mengasah otak seperti permainan solitaire yang mengharuskan kita menyusun kartu-kartu. Permainan ini memaksa kita untuk menyusun strategi dalam memindahkan kartu mana dulu yang dipindahkan dan membuka kartu lainnya. Tak hanya itu, masih ada game lainnya yang mengasah otak serta lucu-lucu di seperti tom and jerry parade pranks.

Di zaman sekarang juga tak jauh dengan virus COVID-19 yang membuat kita tinggal di rumah menjalani isolasi mandiri. Tentunya game bisa menjadi kegiatan seru yang asyik dilakukan dari rumah melalui gadget ataupun laptop. Game sendiri menjadi aktivitas yang paling disukai selama pandemi, karena serunya bermain tanpa harus keluar rumah. Selain itu, banyak game yang bisa diinstal di ponsel android melalui google playstore maupun website lainnya.

Nah, saat sudah merasa bosan dengan berbagai jenis game yang sama terus menerus tidak ada salahnya mencoba berbagai game yang ada di sana karena banyak game online gratis. Ya, di Plays Org ini mudah untuk mendapatkan game karena berbasis browser dan menawarkan ratusan game gratis kepada pemain di setiap genre.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »