9 Ide Desain Interior yang Memberi Kesan Luas pada Apartemen






Anisa AE - Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin pesat dan lahan pemukiman yang semakin sempit, tinggal di apartemen nampaknya telah menjadi pilihan terbaik yang paling tepat untuk dipilih oleh penduduk kota besar seperti Jakarta. Karena selain alasan semakin sempitnya lahan pemukiman yang tidak memungkinkan Anda untuk membeli rumah, memilih untuk tinggal di apartemen juga memiliki pertimbangan lain seperti praktis, cepat (karena tidak perlu dibangun dari awal), fasilitas lengkap (kolam renang, gym, sauna), dan keamanan 24 jam penuh.

Apartemen sudah didesain sedemikian rupa oleh jasa desain interior rumah dan pada umumnya telah dilengkapi dengan perabotan umum seperti wastafel, perabotan kamar mandi, dan kompor. Lain halnya bila apartemen yang kita miliki masih kosong melompong sehingga mau tidak mau harus mendekorasi ulang agar apartemen sesuai dengan selera kita. Tetapi yang tidak bisa dilakukan dengan apartemen adalah pembedahan total seperti rumah biasanya. Selain itu, alasan untuk mendekor ulang apartemen Anda adalah agar apartemen yang berukuran lebih kecil daripada rumah pada umumnya, tidak terasa sempit untuk Anda dan keluarga. Simak tips-tips berikut agar apartemen Anda yang tadinya terasa sempit bisa ‘disulap’ dan terasa lebih luas.

1. Menggunakan Ranjang Multifungsi
Kamar sempit dan tidak memungkinkan untuk menempatkan ranjang beserta lemari baju? Jangan khawatir. Siasati masalah ini dengan cara membeli ranjang yang sekaligus berfungsi sebagai lemari pakaian dibagian kolong ranjang. Daripada membeli ranjang biasa yang kosong di bagian bawahnya dan tak bisa dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan, lebih baik Anda membeli ranjang yang di bagian bawahnya terdapat laci-laci sebagai pengganti lemari pakaian.
2. Meja Makan = Meja Kerja
Teruntuk Anda yang memiliki apartemen 1 ruangan alias tipe studio, rasanya tidak mungkin untuk memiliki meja makan dan meja kerja sekaligus. Atasi hal ini dengan cara menggabungkan meja kerja dan meja makan menjadi satu. Cukup dengan membeli meja simpel yang desainnya tidak terlalu rumit, sehingga fleksibel untuk dijadikan meja makan maupun meja untuk bekerja dan belajar.

3. No Bath Tub, No Problem
Kamar mandi apartemen kebanyakan hanya berukuran 2x2m. Bagi Anda yang ingin untuk memiliki bath-tub alias bak mandi untuk merelaksasikan tubuh setelah seharian beraktifitas, nampaknya harus merelakan impian Anda. Namun sisi baiknya adalah Anda dapat menghemat space yang tidak sedikit dan menghemat air dengan membeli shower biasa.

4. Memasang Rak Buku di Atas Tempat Tidur
Memanfaatkan space se-optimal mungkin adalah kunci utama dalam ‘menyulap’ apartemen agar menjadi terasa lebih luas. Apabila ruangan yang ada tidak memungkinkan Anda untuk menginstal rak buku di lantai, pasang rak buku Anda di dinding atas tempat tidur. Jadi, kalau di malam hari Anda belum ngantuk tapi malas untuk meninggalkan ranjang, tinggal ambil buku di atas kepala Anda dan voila!


5. Menempel TV di Dinding

Menempel TV di dinding lebih efisien dan menguntungkan untuk mata Anda dibanding menaruh TV secara spesial di satu meja atau rak. Karena dengan menempel TV di dinding, kita bisa menentukan sesuka kita jarak antara pandangan mata dengan pancaran TV. (Baca selengkapnya)




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »