Pilih Kuliah atau Kerja?

coretan kecil anisa ae

Pilih mana, kuliah atau kerja?
Aku sih pengen kuliah dulu, Kak. Baru kerja.
Kalo aku sih pengennya kerja dulu, Kak, baru kuliah.

Semua keinginan itu bagus. Entah kuliah dulu lalu kerja, atau kerja dulu lalu kuliah. Dua pilihan itu sama-sama memberikan hal-hal yang positif. Yang pasti, selama kamu masih punya semangat dan yakin, kamu pasti bisa.



Seandainya kamu memilih kuliah terlebih dulu.
Mungkin beberapa waktu akan kamu lewati dengan runitas dari rumah ke kampus, kerja kelompok, perpustakaan, begitu seterusnya. Di lingkungan kampus, kamu akan dikenalkan dengan berbagai teori-teori. Kalau kamu memang fokus untuk kuliah dulu, bagusnya kuliahmu ngga akan keteteran dan lulus tepat waktu (dengan catatan kamu bukan termasuk mahasiswa pemalas). Setelah lulus kuliah nanti, di dunia kerja, kamu akan bertemu dengan fakta-fakta yang ternyata teorinya sudah kamu pelajari di kampus. Tapi sayangnya, tidak semua teori itu bisa kita gunakan di dunia nyata.



Seandainya kamu memilih kerja terlebih dulu.
Sedangkan untuk kamu yang memilih untuk bekerja terlebih dulu sebelum kuliah, kamu akan memiliki modal yang bernama ‘pengalaman kerja’. Tentunya setelah lulus kuliah, kamu memiliki nilai plus dibanding teman-temanmu yang belum bekerja sama sekali. Untuk melamar di perusahaan pun, pengalaman yang kamu miliki tentu menjadi pertimbangan buat perusahaan. Ngga enaknya kerja duluan, kamu harus bisa dengan kuat memegang cita-citamu untuk lanjut kuliah. Kenapa? karena  kalau kamu kerja dulu dan tahu rasanya ‘rupiah’ dijamin bisa-bisa kamu lupa dengan cita-cita kuliahmu. Apalagi sudah menerima gaji yang besar.



Dari kedua pilihan itu, ada satu pilihan lagi yang lumayan menantang. Yakni mengambil kedua pilihan tersebut secara bersamaan. Kuliah sambil kerja. Tidak banyak anak muda yang memilih pilihan ini. Karena pilihan ini ngga gampang. Kamu harus pintar-pintar bagi waktu dan jaga kesehatan. Enaknya, kalau kamu udah lulus kuliah, kamu sudah punya pengalaman kerja dan bisa-bisa langsung naik jabatan tuh. Asyik kan? Tentunya kualitas kerja kamu juga jadi pertimbangan sih bagi perusahaan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
May 7, 2016 at 5:01 AM delete

Lagi pengen nyoba kuliah sambil kerja nih biar pas lulus dapet dua-duanyaaa. Boleh lah kalo dibikin postingan pengalaman2 orang yg kuliah sambil kerja hehe

Reply
avatar
June 13, 2016 at 11:56 AM delete

Nah iya bener banget mas emang kalo udah kerja itu kebanyakan jadi males buat ngelanjutin studi soalnya udah ngerasain uang. Ya tapi kembali ke pribadinya masing2 juga sih. Kalau saya sih disuruh milih, kalau kuliah ya kuliah kerja ya kerja, jangan dicampur gitu, nanti pasti salah satu jadi kalah. hehehe

Reply
avatar
July 15, 2016 at 9:46 AM delete

kalau saya pribadi sih,kalau bisa cari studi dulu baru kerja. kalau kerja dulu bukannya ngerendahin tapi biasanya yang sudah tergiur dengan dana pasti ujungnya bakalan malas buat belajar lagi,karena merasa sudah cukup. padahal pendidikan itu penting yo sob.

Reply
avatar
December 27, 2016 at 12:38 PM delete

Dulu pengalaman saya, kerja sambil kuliah mba :). Kadang - kadang keteteran juga, tapi memang harus diniatin :)

Reply
avatar