Cumilebay: Branding itu Wajib dan Penting Banget




Hai Blogger Kekinian, jumpa lagi dengan saya Ihwan dalam rubrik Bintang Tamu. Jumlah blogger di Indonesia saat ini sudah sangat banyak sekali, ratusan bahkan mungkin ribuan. Untuk bisa menarik perhatian pembaca tentu blog kita harus memiliki kelebihan atau keunikan tersendiri. Bahkan jika Anda ingin terjun di dunia blog professional maka membangun image atau branding blog adalah suatu keharusan. Mengapa begitu?

Sabaar, kalau Anda ingin tahu jawabannya simak saja interview saya dengan seorang seleb travel blogger yang sudah femes baik itu di dunia nyata maupun alam baka maya. Namanya Maz Toro namun lebih dikenal dengan nama Cumilebay. Doi seorang blogger yang terkenal dengan branding kancutnya. Pertama kali melihat blognya saya dulu sempat shock (untung nggak sampai sawan) ketika melihat foto-foto doi yang dengan pedenya tampil berkancut ria saat travelling. Belum lagi gayanya itu lho, sok seksi pake bingiittt, kayak mau ngalahin model-model Victoria Secret. #BecandaOmCumi
Seakan belum cukup dengan penampilannya yang hot, Om Cumilebay menulis kisah-kisah travellingnya dengan style yang sedikit nakal yang bakal membuat Anda berkhayal yang iya-iya. Belum lagi dengan taburan huruf warna-warni dan hastag yang nggak kalah gokil bin mesum bikin emak-emak blogger yang membaca blognya berkali-kali mengucap istighfar. #BacaAyatKUrsi
Tapi herannya, dengan segala ke-lebay-annya itu, Om Cumi mempunyai banyak fans lho. Lihat saja setiap kali dia posting pasti komennya bisa sampai ratusan. Nggak heran jika dengan popularitasnya itu membuat banyak brand-brand terkenal melirik Om Cumi untuk diajak kerjasama.

Gimana, kalian pasti penasaran bin mupeng kan ingin bisa sefemes bahkan sesukses Om Cumilebay di dunia blog yang kejam dan penuh intrik ini #KorbanSinetronIndonesia. Yuk cap cuss simak interview saya with Om Cumilebay.

BK: Blogger Kekinian
CL: Cumi Lebay

BK: Hallo Om Cumi, lagi ngapain? Makin hot aja neh blognya, ceritain dong kenapa nama blognya CumiLebay? Kenapa nggak pakai nama ToroGanteng atau ToroImoet? #nahanmuntahnulisimoet
CL:  Lagi benggong-bengong nggak jelas hehehe
Cumilebay ada cerita nya, awalnya gue demen banget manggil nama temen yg lelet, rada oon, males dll dengan sebutan “CUMI” #SambilTeriak tapi karena seringnya gue manggil orang-orang itu dengan “CUMI” akhirnya nama itu melekat ama gue dan semua temen manggil nama “CUMI”.
Waktu mau bikin blog, rada binggung mau kasih nama apa ????? tapi wajib ada nama “CUMI” nya dan setelah melalui perenungan panjang, nemu kata “LEBAY” jadi biar gue mau nulis apapun, pamer apapun, eksis apapun, telanjang pun nggak masalah ...kan memang lebay nggak jelas, jadi jangan protes kalo gue macem-macem di blog “cumilebay”
Jadi nama “CUMILEBAY” aku pikir passsss dengan karakter gue yg suka nggak jelas dan suka ala-ala nggak jelas juga.

BK: Ini pertanyaan dari saya plus titipan dari fans Om, seorang travel blogger namanya Dian Radiata (www.adventurose.com). Kenapa pilih kancut sebagai branding blognya, apakah dulu pernah punya obsesi jadi model majalah PlayBoy? Trus sudah pernah diendors berapa merk kancut selama ini? #disambitkancut
CL: Banyak banget yang berangapan kalo gue branding kancut #Lelah. Jadi jauh sebelum bikin blog tahun 2012, gue dah kelayapan nggak jelas dan kebetulan demennya ke pantai, laut, air terjun dll pokoknya yg berhubungan dengan air. Nah kalo main di air kan enakan pake kancut, bikini dan sejenisnya, plus kebetulan temen-temen travelmate gue juga semuanya demennya pake yang minim-minim jadi klop kita semua berkancut dan bikini.
Saat bikin blog tahun 2012, otomatis gue nulis cerita-cerita lama dengan foto-foto lama dan yang ada memang foto-foto kancut. Yo wesss karena adanya itu yaaa di keluarin aja kancutnya. Ternyata banyak banget yang berangapan kalo itu branding, yo wes akhirnya gue perkuat saja kancutannya hua hua hua hua.

BK: Selain branding kancut, blog Om Cumi juga punya ciri khas dalam penulisannya yang unik yaitu menggunakan hastag-hastag yang saru dan agak menjurus plus pemakaian huruf yang berwarna-warni. Nah, itu idenya dari mana dan apa nggak capek ngetik warna-warni seperti itu? #MauDipijetinOm?
CL : Gue sadar dan yakin, nggak semua pembaca blog membaca tulisan kita secara utuh kalo mereka nggak bener-bener butuh infonya #SilahkanSurveyKaloNggakpercaya. Niat nya warna-warni itu hanya menitik beratkan kepada info yg penting. Makanya aku warnain, biar mereka hanya baca yg berwarna coz itu penting. Tapi lama kelamaan guenya latah dan makin nggak jelas trus warnain suka-suka gue aja hahahaha.
Jujur gue nulis artikel di blog cuman 5 menit kelar, nulis di mobil sambil nyetir pun bisa kelar dalam hitungan 1 lampu merah menyala, tapi yg lama itu mewarnainya hahahaha #Dikeplak

BK: Ceritain dong Om pengalaman paling konyol dan unforgettable yang pernah dialami selama travelling? (plus nanti kasih fotonya ya Om)
CL: Ah kalo kejadian nggak jelas mah banyak banget, antara lain :
1. Ini kejadian di Pasar Tomohon, aku nggak tahan liat anjing, monyet, kucing dibantai di sana. Sukses bikin gue mual-muntah di depan pasar dan diliatin sama banyak orang.
2. Tahun 2008 pertama kalinya ke Karimun Jawa, kebetulan kapal kan cuman seminggu 2x kalo nggak salah. Jadi penumpangnya banyak banget, dan kebetulan nggak dapat tempat duduk. Terpaksa duduk di tangga kapal selama 6 jam kena angin, galau dll. Itu penderitaan banget dan ujung-ujungnya masuk angin selama di Karimun 4 hari gue boker-boker kentut bolak balik yang baunya macam bangke bikin semua temen nyolot mulutnya hahahaha
3. Waktu ke Phuket beberapa puluh tahun lalu hehehe. Kami sempet Ikut Hopping Island Phi Phi Tour. Selama trip kami dikira orang negara tetangga, karena paham kita dianggap negara tetangga maka kita bikin rusuh. Habisin semua minuman, makanan kita acak-acak, di speedboad teriak-teriak dll. Pokok nya black campaign menghancurkan tetangga #Kabur


BK: Ini ada titipan pertanyaan dari fans Om di Yogya, seorang emak-emak blogger namanya Ardiba Sefrienda (www.ardiba.com), Pernah masuk angin nggak selama travelling pake kancut doing gitu? Hihihi
CL: Masuk angin???? Bukan hanya buat orang yg kancutan kan ???? Semua orang juga sering masuk angin. Kak Ardiba, pernah masuk angin nggak ???? Pasti pernah, trus itu karena kancutan???? Nggak kan ???? hehehehe.
Jadi jangan jadikan kancut atau sejenisnya menjadi alasan penyebab masuk angin. Nikmati aja liburan sambil berkancut kalo ke pantai atau main air trus kalo memang masuk angin yaaa memang sudah waktunya sakit ..... mari minum tolak angin, gitu aja kok repot hahahaha #PISS

BK: Menurut Om Cumi seberapa penting sih branding bagi seorang blogger saat ini? Dan bagaimana cara mendapatkan ide branding yang unik dan menjual?
CL: Kalo mau terjun secara profesional maka branding itu wajib dan penting banget. Branding biasanya merupakan cerminan diri sendiri. Apa yang menjadi terkuat dari diri kita maka itu yang harus kita tonjolkan, branding nggak melulu harus positif tapi branding negatif itu juga strategi marketing yang ampuh. Contoh cumilebay pake kancut itu kan kesannya negatif tapi berubah jadi positif kalo kita bisa membawa diri dan mengkampayekan aura positif
Jadi wajib punya karakter kuat, jangan pernah mencontek ide orang lain karena bagaimana pun kalian nggak akan pernah bisa bersaing secara benar dengan pemilik ide.


BK: Meskipun Om Cumi sudah femes dan masuk jajaran travel blogger seleb namun Om Cumi selalu rajin Blog Walking dan komen di banyak blog. Saya pribadi salut dengan keramahan Om Cumi menyapa dan komen di blog-blog newbie seperti saya. Nah apa sih rahasianya Om supaya bisa punya energi dan waktu buat BW dan komen sebanyak itu?
CL: Intinya gue nggak bakal posting artikel di blog kalo nggak punya waktu buat blog walking. Ngeblog itu bukan hanya nulis dan posting, tapi ngeblog banyak banget komposisi yang mesti dikerjain, salah satunya blog walking. Dengan BW kita menebar tulisan kita, menaruh link-link tulisan kita dan ini yang akhir nya akan dibaca oleh pembaca kita sehingga blog kita statistik nya naik #Penting. Dengan kita BW maka yakin dan percaya, mereka akan berkunjung ke blog kita dan membaca tulisan kita (usahakan selalu cari menambah blog baru yang nggak pernah di kunjungi tiap BW) so ini nambah trafik yg terbaca dan otomastis makin banyak yg kenal kita.
Hidup kita sudah sangat mudah dengan smartphone, bales comment atau BW juga bisa dengan smartphone. Membalas komen itu artinya menghargai setiap orang yang datang ke blog kita, mau kan jadi orang yangg di hargai ????? #JawabJujur. Kita jadi besar karna jasa-jasa pembaca blog kita, mereka adalah penyemangat & denyut nadi blog kita, makanya semaximal mungkin gue akan membalas komen dan berkunjung balik ke blog mereka karena cumilebay sadar tanpa mereka cumilebay cuman tetesan **** (sensored by admin) di tisu basah #NggakKepake

BK: Ceritain dong Om awal mula terjun di dunia blog kayak gimana? Apa ada seseorang yang harus dimintai pertanggung jawaban karena sudah menjeremuskan Om Cumi hingga menjadi blogger nista keren seperti sekarang ini?
CL:  Awalnya iseng pingin sharing foto aja ama temen-temen deket, selama setahun yaaa cuman nulis trus di post. Sampai akhirnya ketemu seseorang yaitu Barry Kusuma di perjalanan selama di Sumbawa, dia cuman bilang kalo punya blog mesti serius karena blog bisa menghasilkan uang.
Abis diomongin yaaa cuek aja, akhirnya 2 bulan mikir ternyata ada bener nya juga. Trus mulai serius menentukan karakter dan harus berbeda dari yang lain. Eh alhamdulillah keterusan ampe sekarang.

BK: Pernahkah seorang CumiLebay mengalami kejenuhan ketika ngeblog dan bagaimana cara mengatasinya?
CL: Jenuh mah nggak pernah, mungkin karna seneng aja mendapat apresiasi baik negatif maupun positif dari para pembaca jadi semangat. Cuman yang sering itu nggak nemu ide buat nulis hehehe, dan biasanya ngobrol ama tementemen yang jalan bareng (Travelmate) sharing kira-kira mau nulis apa dan kenapa

BK: Om Cumi seringkali diundang mereview hotel dan restoran mewah, juga diundang oleh brand-brand terkenal untuk menghadiri event mereka. Nah bagi-bagi rahasianya dong supaya kami bisa mengikuti jejak Om Cumi. Mungkin ada tips-tips agar dilirik sama hotel, resto atau brand terkenal itu?
CL: Kebetulan dulu sebelum di undang-undang oleh hotel dan resto, memang gue sering nginep-nginep + makan-makan nggak jelas ama groupies cumilebay dan bayar sendiri. Lalu pengalaman itu aku tulis di blog, lama kelamaan banyak hotel dan resto yg melirik trus nawarin buat kerja sama. Jadi memang butuh modal sendiri awalnya. #NOTED
Trus gue ngeblog hanya mau berbagi kebahagiaan, jadi mau sharing yg seru-seru dan bahagia. Makanya gue selalu milih kalo di undang-undang #SOKCONGKAK. Nggak semua udangan gue terima karena gue kebanyakan malesnya hahaha, pilih dengan selektif mana yg kiranya bisa mengangkat blog kita dengan branding yg sesuai dengan karakter kita
Yang terpenting tanggung jawab kalo sudah diundang dan mau datang, apa yang dimau client yaaa kita ikutin, kalo memang harus nulis di blog yaaa tulis yg kece-kece, jangan nyinyir #ItuPenting. Sebarkan link tulisan kita ke segala penjuru, pastikan banyak yang baca dan page view maximal biar client seneng, itu salah satu contohnya





BK: Pernah nggak mengalami hal tidak menyenangkan terkait branding kancut yang Om usung di blog? Misalnya keluarga shock dan keberatan dengan penampilan Om di blog atau dinyinyirin sebagai blogger yang modal aurat doang ahahaha #kasihsarung
CL: Kalo keluarga mah wolesss aja, mereka sangat terbuka. Nyokap gue malah sering buka blog cumilebay.com dan selama ini responnya biasa aja masih wajar. Apalagi kalo gue bilang, postingan yang ini duitnya gede lho Mom hahahaha #MatreMataDuitan.
Kalo dinyinyirin ama blogger lain mah dah nggak keitung berapa kali, dah terlalu sering. Tapi sebodoh teing mah, memang mereka siapa mau nyinyirin cumilebay #Congkak. Duch angin lalu anjing menggongong mah lupakan saja nggak usah mikirin kata orang ... Live must go on jadi nggak usah di pikirin selama orang itu nggak memberi konstribusi berarti dalam hidup kita #LUPAKAN
Kalo hidup kalian belum ada yg nyinyirin berarti kalian masih biasa saja, tapi kalo ada yg sirik dan nyinyir berarti sudah “LUAR BIASA” mari kita nikmati.

BK: Menyambung pertanyaan di atas, ini ada pertanyaan dari Mbak Rien (www.travelerien.com) kenapa nggak kunjung taubat kancutan pas travelling?
CL: Ngapain mesti taubat, kan gue pake kancut pada tempat nya. Bukan di jalan raya atau di mall atau di bandara kan ????????????. Nimati apa yg membuat bahagia dan itu gue lakukan.

BK: Saya punya info rahasia dari fans Om Cumi di Batam yaitu Mbak Lina (www.linasasmita.com) katanya Om Cumi ini sebenarnya seorang dokter gigi. Bener nggak sih itu dan kenapa nggak buka praktek sekalian ngeblog?
CL: Wakssssss sudahlah lupakan saja #AkuLelahMembahasnya hahahaha

BK: Kalau ditakdirkan terlahir kembali sebagai seorang blogger, kira-kira Om Cumi mau branding apa selain travel blogger kancut?
CL: Tetep jadi diri gue sendiri kalopun memang sekarang demen berkancut yaaa mari berkancut karena gue nggak mau terlahir kembali. Karena gue malah berfikir bagaimana gue meninggal dalam keadaan khusnul khotimah dengan menjadi orang yg lebih baik dan  jadi orang yang bisa pandai bersyukur dengan apa yang di kasih Tuhan

BK: Yang terakhir neh Om, apa pesan buat para fans dan blogger yang ingin suskes seperti Om Cumi?
CL:
  1. Nggak usah terlalu mikirin orang lain, menulislah sesukamu mau itu bagus jelek mesum porno atau super terserah. Terus menulis nulis nulis dan sharing di blog.
  2. Bangga jadi blogger, kemanapun kita pergi selalu bilang kalo kita blogger dan tunjukkan url blog kita pada siapapun.
  3. Share setiap tulisan kita ke media sosial apapun itu
  4. Jangan kebanyakan nyinyir dan ngomongin nggak jelas tentang orang atau produk di media sosial, intinya punya good attitude/personality. Karna brand-brand besar males ama orang-orang yg suka nyinyir #Fakta.
  5. Jalin hubungan baik dengan semua orang

Terimakasih Om Cumi atas kesediaan waktunya meladeni pertanyaan-pertanyaan nyinyir dari saya, kalau ada kata-kata yang menyinggung perasaannya mohon dimaafkan. Itu memang tidak disengaja wekekeke. Mohon maaf juga saya nggak jadi pasang foto-foto Om Cumi yang seksih-seksih itu sebab saya kuatir nanti ada anak kecil yang liat bisa sawan wekekeke. Jadi bagi yang pengin liat pose-pose syur Om Cumi silakan meluncur saja ke blognya.
Buat para pembaca, kesimpulan dari interview with Om Cumilebay adalah branding itu penting dan wajib banget hukumnya bila kita ingin menjadi seorang blogger professional. Tetap jadi diri sendiri, galih potensi diri yang tidak dimiliki orang lain dan jadikan itu sebagai branding kita. So, sudah apa branding blog Anda?

Cumilebay Maz Toro


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

42 comments

Write comments
December 14, 2015 at 9:22 PM delete

Sukses ya Cumi, semoga Khusnuk Khotimah ya...

Reply
avatar
ima
December 14, 2015 at 9:27 PM delete

makasih ya BK, udah menghadirkan wawancara ekslusif dengan omcumi, suka cara postingnya yang unik dan colourfull..

Reply
avatar
December 14, 2015 at 9:31 PM delete

wih manten BK udah wawancara sama om cumi. Sukses untuk BK dan Om Cumi

Reply
avatar
December 14, 2015 at 9:38 PM delete

jangan pernah mencontek ide orang lain karena bagaimana pun kalian nggak akan pernah bisa bersaing secara benar dengan pemilik ide.

Mau dipakai buat quote di blog saya boleh ya.lagi musim plagiat bkin tugas dikelas :( #sedih

Membalas komen itu artinya menghargai setiap orang yang datang ke blog kita, mau kan jadi orang yangg di hargai ????? #JawabJujur. Kita jadi besar karna jasa-jasa pembaca blog kita, mereka adalah penyemangat & denyut nadi blog kita.
#notedbanget

Dulu dokter gigi??? Boleh pasang gigi nih... Diskon gede sesama blogger :D

Reply
avatar
December 14, 2015 at 9:45 PM delete

Jangan kebanyakan nyinyir, dan be yourself... Ok om Cumi, makasih sharingnya... Sukses selalu buat om Cumi

Reply
avatar
December 14, 2015 at 9:45 PM delete

Jangan kebanyakan nyinyir, dan be yourself... Ok om Cumi, makasih sharingnya... Sukses selalu buat om Cumi

Reply
avatar
December 14, 2015 at 9:47 PM delete

"Kalo hidup kalian belum ada yg nyinyirin berarti kalian masih biasa saja, tapi kalo ada yg sirik dan nyinyir berarti sudah “LUAR BIASA” mari kita nikmati."

Yohaaaa...nikmatiiiiii

Kece Om Cumiiii



Reply
avatar
December 14, 2015 at 9:51 PM delete

Hahahaha pertanyaanku akhirnya dijawab. Makasiiiiih om Cumi wkwkwkw

Reply
avatar
December 14, 2015 at 9:54 PM delete

ini yang omongannya mas cumi mestinya ditulis warna-warni mas, biar kesannya cumilebay banget hihihihi

tadi udah senang karena foto pembukanya aman dari per-kancut-an, eh makin ke bawah nongol juga foto ituhh T_T

Reply
avatar
December 14, 2015 at 10:10 PM delete

Salut buat om toro. Bagi kancutnya dong.... Yang ada tanda tangannya yak. Hehehe

Reply
avatar
December 14, 2015 at 10:34 PM delete

Hihi fotonya seyeem tapi tipsnya keren banget

Reply
avatar
December 15, 2015 at 5:15 AM delete

Ngekek ngekek baca sambil merem...ada foto syerem nya hehehehe...makasih tips2 nya..keren...

Reply
avatar
December 15, 2015 at 5:42 AM delete

Kali pertama tahu ttg mas toro kaget, orangnya saru. Suka pake cancut, maklum dede masih kecil om. Wkwwkkw dan seketika itu juga ketagihan baca blognya warna warni kek kancutnya. Suka baget, itu branding dia. Dan dulu sempet ngefensss sampai skrg pun masih. Salam ya om buat maz toro umpetin kancutnya dibuat sesajen aja wakakaakkkakaakaa.

Reply
avatar
December 15, 2015 at 5:50 AM delete

Wah. Jujur baca postingan ini, lucu sekaligus haru. Filosofi hidup Maz Toro bagus banget. Gue belom kece nih, soalnya blm ada yg nyinyirin. Buahahahahaha

Reply
avatar
December 15, 2015 at 8:28 AM delete

Om cumi ini walaupun suka ngancut, tapi visinya keren lho, mengajak oranglain untuk pandai bersyukur dan hepi jadi diri sendiri :)

Reply
avatar
December 15, 2015 at 11:03 AM delete

Tapi fotonya sesuai konteks kan, Om Cumi lagi di pantai wajar pakai kancut. Kecuali kalo lagi di mall kancutan doang itu baru serem :D

Reply
avatar
December 15, 2015 at 11:04 AM delete

Tapi fotonya sesuai konteks kan, Om Cumi lagi di pantai wajar pakai kancut. Kecuali kalo lagi di mall kancutan doang itu baru serem :D

Reply
avatar
December 15, 2015 at 11:04 AM delete

Tapi fotonya sesuai konteks kan, Om Cumi lagi di pantai wajar pakai kancut. Kecuali kalo lagi di mall kancutan doang itu baru serem :D
sama-sama semoga berguna tipsnya.

Reply
avatar
December 16, 2015 at 11:44 PM delete

Wah... udah publish aja nih. Hehehe.... kerenz kerenz tipsnya. Tapi ane fokus pada yang *** edited by admin nih... :P

Reply
avatar
December 17, 2015 at 8:11 AM delete

pertama kali nemu blog mas cumi saat informasi ke curug malela dan cikondang. Dari situ akhirnya beraniin dateng kesana : http://goo.gl/I2Nc37 ( makasih mas cum infonya)

Jujur saat itu udah salut dengan cara penulisan beliau yang simpel tapi mengena dan penuh warna. Hingga akhirnya waktu ada acara eh ketemu langsung sama beliau. ajak ngobrol dan ternyata ramaaaaah banget. diantara nama besar dan banyak yang brand besar mengajak bekerjasama, beliau tetap rendah hati, baik , dan mau selalu memberi petuah yang adem dan mengena di hati.. apalagi bagi blogger newbi tanpa arti seperti saya.

sukses selalu pokoknya buat mas cumi, semoga tetap menjadi diri sendiri dan membagi kebahagiaan bagi semua :)

salam hangat dari fansmu

-bukanrastaman-

Reply
avatar
December 17, 2015 at 8:42 AM delete

kak Cumi idolaku selalu. Dibalik penampilannya yang berkancut ria, dia selalu kasih wejangan dan tips-tips ngeblog yang baik. Pokoknya bener-bener selebblog yang humble dan ramah. Di samping segala kesibukannya masih sering blog walking pula. Salut dehh!!

Reply
avatar
December 17, 2015 at 8:55 AM delete

awal mampir kesasar ke blog kak Cumi kupikir itu web apaan, kaya web 'begituan'.
bikin sakit mata awalnya, tapi lama-lama kok biasa ya ngeliat cowo berkancut doang gitu. Duh! hahahaha...

seperti bbrp komen di atas, kak Cum itu selebblog yang humble dan sering kasi wejangan-wejangan. termasuk bisa bikin bubar hubungan pasangan, hahahaha... sukses terus buat kak Cumi lebayy...!!

*** aku tau itu yang disensor bintang-bintang, karena pernah denger kak Cumi ngomong langsung kalimat itu :)))

Reply
avatar
December 17, 2015 at 9:05 AM delete

Jujur saja dari teman-teman yang sudah komen duluan, mungkin saya yang paling belakangan kenal sama Mas Cumi. Ini taunya juga dari acara TravelNBlog 4 tahun 2015, kok pada ngebahas cumilebay.com. Penasaran, buka aja deh blognya. Kesan pertama: Unik banget si mas cumi. Sama pasti dengan yang lain, mikirnya kok "kancutan" gini isi blognya.

Beberapa waktu kemudian, saya ikutan hadir di acara yang mengundang Mas Cumi sebagai pembiacaranya. Masih senyum2 norak ketemu selebblog dan minta foto bareng. Eh habis mention-mention di twitter malah makin akrab dan jalan bareng. Di situ keliatan banget sisi manusiawinya seorang cumi lebay yang femes yakni "ngemong", humble, rame, dan ramah banget bahkan ke level blogger ala2 seperti saya.

Sukses terus Mas Cumiiiii :*

Reply
avatar
December 17, 2015 at 9:25 PM delete

Hah?? Oom Cumiiii ... itu dokter gigiiii?!?!?! *baru tau* :D :D :D

Emang salut ama Oom Cumiiii ... n pengen liat koleksi kancutnya *kabuurrr* :-P

Reply
avatar
December 21, 2015 at 1:48 PM delete

Sini sini datang, aku tunjukin koleksi kancut ku hahaha

Reply
avatar
December 21, 2015 at 1:48 PM delete

Duch aku jadi maluuuuuu #tutupMuka
Btw makasih buat kalian semua yg menganggap aku ada meskipun suka tiada #Lebay

Reply
avatar
December 30, 2015 at 10:02 AM delete

Horeee udah lama nungguin informasi ini. Aku suka banget sama om cumi

Reply
avatar
Anonymous
January 2, 2016 at 6:04 AM delete

Ini dia pesan paling penting yang harus diingat blogger atau siapapun yang menjadikan media sebagai taman bermainnya: "Jangan kebanyakan nyinyir dan ngomongin nggak jelas tentang orang atau produk di media sosial, intinya punya good attitude/personality."

Mantap mas Cumi :-)

Reply
avatar
January 21, 2016 at 12:17 AM delete

Belajar banyak dari artikel ini thx Om Cumi n Ihwan :)

Reply
avatar
February 25, 2016 at 12:46 PM delete

Kakcum emang asyik dan humble banget, suka tiba2 berondong komen gitu ke blog dan nge-like IG. Untuk ukuran seleblog, tindakan bewe dan obral hati ini sungguh2 terpujikan ;) Aku suka banget baca2 artikelnya, hanya saja kadang imanku goyah saat lihat foto2 gantengnya. Maafkan aku ya kakaaaa....

Reply
avatar
February 25, 2016 at 3:20 PM delete

bwkwkwkwkwk,,, baca postingan ini sungguh menghibur sekali

Reply
avatar
September 16, 2016 at 8:33 PM delete

Aih, Mas Toro. Pertama kali tahu saya risih lihat kancutnya, apalagi yg warna-warni gitu. Tapi jangan salah, Mas Toro ini sangat rajin salat lho. Saya dapet cerita dari seseorang yang pernah jalan bareng mas Cumi ini, katanya paling ceriwis sama paling sibuk soal salat dalam kondisi apapun. So, kayanya peribahasa don't judge the book by its cover pas banget buat Mas Cumilebay ini.

Oya, soal rajin blogwalking ke blogger newbie, iya banget! Salut untuk kerendah=hatiannya itu. Blog saya beruntung banget beberapa kali dikomen Mas Cumi, hehehe...

Reply
avatar
October 17, 2016 at 10:50 PM delete

pemikiran yang keren menurut Babang, sukses terus ya om cumi 👍🐙

Reply
avatar
March 3, 2017 at 6:20 PM delete

Xixixiii aku baca mpe abis ngga berenti ngakak, good job om cum

Reply
avatar
March 4, 2017 at 11:47 PM delete

Terima kasihh sharing, wejangan, kebaikan, dan kebahagiaan yang senantiasa dibagikan ya om cum.. Bakalan rindu sama postingan lucu dan menyenangkan dr om cumi :)

Reply
avatar
March 7, 2017 at 1:07 PM delete

Dapat kabar beliau sudah meninggal dunia jumat 3 maret kemaren..
Doakan semoga Allah mengampuni kesalahan beliau.

Reply
avatar
March 25, 2017 at 9:52 PM delete

Kangernn Beliau.... orangnya enak diajak bercandanya :(

tulisan warna warni, foto manjaaaahhh .. apakah ada penggantinya ???

Reply
avatar
January 30, 2018 at 3:44 AM delete

pemikiran yang keren menurut Babang, sukses terus ya om cumi


www.poker021.com

Reply
avatar
February 13, 2018 at 12:56 PM delete

Xixixiii aku baca mpe abis ngga berenti ngakak, good job om cum

www.poker021.com

Reply
avatar
October 22, 2019 at 3:46 PM delete

Dulu rajin saling BW.. belakangan ilang. Ternyata beliau dah berpulang. Turut kehilangan :(

Reply
avatar
December 15, 2019 at 1:04 PM delete


♠ Numpang Promosi ya Gan

♠ HOT GEBYAR HADIAH BULANAN TANPA DI UNDI!!
KUMPULKAN TURNOVER SEBANYAK-BANYAKNYA DAN DAPATKAN HADIAH YANG FANTASTIS DARI INIDOMINO.

♠ Jadi tunggu apa lagi? Yang belum mendaftar silahkan di daftarkan terlebih dahulu ya bos

♠ UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN KLIK :
http://www.inido19.com/news.php?id=4250

♠ Dengan 7 jenis permainan yang diberikan tentu saja pasti membutuhkan nilai DEPO dan WITHDRAW yang tinggi!!
♥ POKER
♥ DOMINO
♥ CEME
♥ CAPSA
♥ CEME KELILING
♥ SUPER TEN
♥ OMAHA

♠ Bank Yang Tersedia : BCA, BNI, MANDIRI, BRI, DANAMON, CIMB & PERMATA

♠ CONTACT PERSON INIDOMINO :
♥ LINE : INIDOMINO
♥ Whats App : +85585849813

♠ LINK ALTERNATIF INIDOMINO
♥ www.inimerah.com
♥ www.4327inid.com
♥ www.inido19.com

♠ #EVENTGEBYAR #BONUS_RATUSANJUTA #INIDOMINO

Reply
avatar
July 23, 2022 at 3:37 PM delete

wahhhh baru baca yang ini...inspiratif bgt

Reply
avatar